Share

Jelang Pameran GIIAS 2019, Simak 10 Tips Sebelum Beli Mobil

Mufrod, Okezone · Selasa 09 Juli 2019 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 87 2076636 jelang-pameran-giias-2019-simak-10-tips-sebelum-beli-mobil-KTCsuZUUw8.jpg Ilustrasi pameran GIIAS 2019 (foto: Okezone)

JAKARTA - Ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, akan segera digelar berbagai mobil baru dan modern banyak dipamerkan dan ditawarkan kepada pengunjung. Untuk menghindari kebingungan saat akan membeli mobi, pengunjung harus terlebih dulu memahami 10 langkah sebelum memutuskan membeli mobil.

Hal tersebut dimaksudkan agar konsumen tidak bingung dan terbuai oleh daya tarik tenaga penjual yang ada di pameran tersebut. Karena seluruh mobil yang dipamerkan memiliki keunggulannya masing-masing, dan tentu banyak program diskon yang ditawarkan.

pameran GIIAS

“Banyak pelanggan yang memerlukan informasi tentang bagaimana mereka memilih kendaraan yang sesuai kebutuhan. Mereka mencari informasi melalui berbagai sumber, termasuk media online. Akan tetapi, hal tersebut belum dirasa cukup jika belum memperoleh informasi lengkap langsung dari sumbernya dan mencoba kendaraan-kendaraan yang dipertimbangkan,” tutur Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director, GM Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Okezone.

Banyak praktisi berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mendapatkan penawaran bagus untuk membeli kendaraan baru adalah pada akhir bulan, akhir kuartal, akhir tahun, serta selama kegiatan pameran otomotif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelum Anda mulai memilih, berikut beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Pilih jenis kendaraan yang tepat untuk Anda. Jenis mobil apa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Apakah mobil bertipe small car dirasa sesuai untuk mendukung kebutuhan Anda? Apakah Anda membutuhkan kendaraan bertipe SUV? Serta SUV berukuran manakah yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda?

2. Buat daftar checklist. Anda perlu mencatat hal-hal yang penting diperiksa ketika sesi test drive sehingga Anda dapat melakukan perbandingan head-to-head antara setiap kendaraan. Daftar checklist ini meliputi karakteristik kendaraan seperti akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior yang diinginkan, kenyamanan di dalam kabin (seperti kursi, akses keluar masuk, dan ruang kargo), jarak pandang, hingga teknologi dan fitur yang tersedia.

 

3. Diskusikan dengan sahabat terdekat Anda. Penting untuk berdiskusi dengan keluarga atau sahabat terdekat mengenai kendaraan yang Anda pertimbangkan. Mereka juga mungkin mengenal seseorang yang memiliki kendaraan yang sama dan dapat memberikan masukan dari pengalamannya.

4. Apakah mobil yang Anda inginkan termasuk model yang sering dicuri? Beberapa model terbilang cukup berisiko untuk dicuri, terutama model lama yang tidak memiliki sistem keamanan canggih. Pastikan bahwa mobil yang Anda pertimbangkan memiliki fitur keamanan yang lengkap.

5. Kenyamanan adalah kunci. Dapatkah Anda masuk dan keluar kendaraan dengan mudah? Untuk SUV dengan ketinggian tertentu, apakah dilengkapi dengan side-step? Seberapa nyaman kursinya? Dapatkah Anda mengatur posisinya dengan mudah? Dapatkah Anda menyesuaikan posisi lingkar kemudi tanpa kesulitan? Seberapa luas pandangan dari dalam, ke depan, samping, serta belakang melalui kaca spion?

 

6. Periksa fitur-fitur teknologi. Dapatkah Anda dengan mudah memasangkan ponsel Anda dengan sistem infotainment bawaan? Pahamkah Anda apa kegunaan setiap tuas, tombol, dan tombol putar? Saat mengemudi, tahukah Anda apa arti semua ikon pada tampilan driver, terutama yang berkedip? Kemungkinan ini merupakan fitur keselamatan yang belum pernah Anda temui di kendaraan Anda sebelumnya.

7. Pahami kebutuhan perawatannya. Pahami interval perawatan kendaraan serta cari informasi mengenai biaya perawatan yang dianjurkan sesuai buku servis.

8. Pilih rute test-drive. Jika sebagian besar perjalanan Anda berada di jalan raya, maka cobalah test drive di jalan raya. Jika Anda sering parkir di tempat yang sempit, maka Anda harus melakukannya juga. Jangan hanya mengikuti rute yang direkomendasikan oleh dealer, namun cobalah rute sesuai keseharian Anda.

9. Jangan membuat keputusan yang impulsif. Jangan membeli mobil pada hari yang sama saat Anda mengujinya. “Wangi mobil baru” dapat menggoda Anda untuk membuat keputusan impulsif, namun ada baiknya menunggu satu atau dua hari sebelum memutuskan.

10. Lakukan perbandingan harga. Bahkan jika Anda berpikir untuk mengambil keputusan tentang kendaraan, perhatikan apakah ada promosi-promosi khusus yang ditawarkan melalui event-event berskala besar, seperti IIMS yang akan berlangsung pada beberapa hari kedepan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini