Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Knalpot Motor Keluarkan Asap Putih, Ini 3 Penyebabnya

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Selasa, 07 Mei 2024 |18:11 WIB
Knalpot motor keluarkan asap putih, ini 3 penyebabnya. (Dok Suzuki)
Knalpot motor keluarkan asap putih, ini 3 penyebabnya. (Dok Suzuki)
A
A
A

JAKARTA - Knalpot merupakan komponen yang berfungsi mengeluarkan gas hasil pembakaran mesin. Pada motor 4 tak, gas yang dikeluarkan dari knalpot cenderung bersih karena sudah melewati tahap penyaringan yang optimal.

Namun, tak jarang ditemukan sepeda motor dengan spesifikasi 4 tak mengeluarkan asap putih layaknya motor 2 tak. Asap yang dikeluarkan cenderung berbau dan membuat mata pengendara lain perih.

“Asap putih pada knalpot motor memang bisa menjadi indikator adanya masalah pada mesin. Namun, asap ini juga bisa disebabkan faktor lain yang sifatnya sementara,” demikian keterangan dari laman Suzuki, dikutip Selasa (7/5/2024).

Asap putih yang keluar dari knalpot motor dapat disebabkan berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab umum yang perlu diketahui:

1. Kondensasi Mesin

Hal ini sering terjadi pada saat mesin motor masih dingin, terutama saat baru dihidupkan atau pada lingkungan yang lembab. Uap air yang terbentuk akibat pembakaran internal mesin akan terkumpul dan keluar sebagai asap putih.

Kejadian ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Asap putih akibat kondensasi akan berkurang seiring mesin mencapai suhu operasi normal.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement