Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Diizinkan Impor, Produsen Mobil Listrik Diingatkan Komitmen Bangun Pabrik

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Selasa, 07 Mei 2024 |15:12 WIB
Diizinkan impor, produsen mobil listrik diingatkan bangun pabrik. (Ilustrasi/Freepik)
Diizinkan impor, produsen mobil listrik diingatkan bangun pabrik. (Ilustrasi/Freepik)
A
A
A

JAKARTA - Pasar kendaraan listrik di Indonesia semakin berkembang dengan hadirnya beragam merek baru yang meramaikan industri otomotif Tanah Air. Pemerintah juga memberikan izin impor kendaraan listrik, meski dengan syarat tertentu.

Diketahui, pemerintah membebaskan produsen untuk membawa masuk mobil listrik mereka dari luar negeri. Namun, hal itu harus dibarengi komitmen untuk berinvestasi membangun fasilitas pabrik untuk merakit atau memproduksi secara lokal.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Investasi dan Maritim, Rachmat Kaimuddin mengatakan, setiap produsen harus mematuhi jumlah kendaraan yang diimpor harus sesuai dengan perjanjian.

“Siapa yang punya kapasitas produksi di Indonesia itu boleh melakukan importasi dengan bebas biaya masuk dan PPnBM,” kata Rachmat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini.

“Jumlah yang mereka impor harus sama sampai 2025, dengan jumlah produksi memenuhi TKDN sampai 2027. Artinya, dua tahun impor harus diproduksi dengan jumlah yang sama,” lanjutnya.

Sejumlah produsen saat ini mulai berinvestasi di Indonesia dengan menggunakan fasilitas yang sudah ada dan juga merencanakan pembangunan pabrik baru. Hal ini diyakini sangat penting bagi Indonesia agar semakin kuat di industri kendaraan listrik.

Namun, Rachmat memastikan apabila sebuah produsen tidak memproduksi mobil dalam jumlah yang sama, brand tersebut akan dikenakan denda. Hal ini dilakukan guna memberikan efek jera kepada brand yang mencoba berbuat nakal.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement