Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Viral Fortuner Pelat Polisi Tabrak Mikrobus di Tol MBZ, Ini Fungsi Bahu Jalan

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Selasa, 07 Mei 2024 |12:54 WIB
Viral Fortuner pelat polisi tabrak mirkobus di Tol MBZ. (Instagram/Dashcam_owners_indonesia)
Viral Fortuner pelat polisi tabrak mirkobus di Tol MBZ. (Instagram/Dashcam_owners_indonesia)
A
A
A

JAKARTA - Viral di media sosial (medsos) sebuah mobil berwarna hitam terlibat kecelakaan di jalan layang Tol Mohammed bin Zayed (MBZ). Sebelum terlibat kecelakaan, mobil tersebut melaju dengan kecepatan tinggi di bahu jalan.

Dalam video tersebut diunggah akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, tampak kondisi jalan tol di pagi hari. Dalam video itu, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (6/5/2024), pukul 06.46 WIB.

Awalnya mobil SUV hitam yang diketahui Toyota Fortuner itu melaju cepat di bahu jalan dengan menyalip kendaraan perekam. Kemudian, mobil tersebut perlahan bergerak ke kanan untuk masuk kembali ke jalur yang semestinya.

Namun, Fortuner yang menggunakan pelat nomor polisi itu tetap melaju kencang, meski ada mikrobus berada di depannya. Akibatnya, sisi kanan depan mobil hitam itu menghantam bagian belakang kiri mikrobus tersebut.

Senggolan tersebut membuat mikrobus terpental ke sisi kiri jalur hingga menghantam pembatas jalan. Akhirnya kendaraan yang diguga travel itu terhenti setelah menghantam pembatas jalan di sisi kanan.

Saat ini, bahu jalan kerap disalahgunakan para pengguna jalan. Padahal, penggunaan bahu jalan juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan masih banyak pengguna jalan yang belum tahu kegunaan bahu jalan. Ini membuat angka kecelakaan di bahu jalan masih cukup tinggi.

“Bahu jalan itu untuk kondisi darurat. Kita boleh berhenti di bahu jalan untuk beristirahat, tapi hanya 5 atau 10 menit, jangan lupa nyalakan lampu hazard. Tidak diperbolehkan istirahat dalam waktu lama, karena itu sangat berbahaya,” kata Sony kepada MNC Portal.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement