Share

3 Alasan Kenapa Tangki Mobil Tidak Boleh Kosong

Ferdinando Tamaro, Okezone · Rabu 24 April 2024 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 24 52 3000159 3-alasan-kenapa-tangki-mobil-tidak-boleh-kosong-Z4IL9nKnLM.jpg 3 alasan kenapa tangki mobil tak boleh kosong. (Ilustrasi/Ist)

JAKARTA - Alasan tangki mobil tidak boleh kosong sangat penting untuk dipahami. Ketika tangki mobil kosong, risiko masalah teknis bisa meningkat secara signifikan.

Sebagai sumber utama bahan bakar, tangki yang terisi akan memastikan kelancaran operasi mesin dan sistem bahan bakar mobil.

Tidak hanya itu, masih ada alasan penting lainnya yang perlu dipahami mengapa tangki mobil ini tidak boleh kosong.

Tangki bahan bakar yang kosong pada mobil dapat menimbulkan berbagai masalah pada mobil, salah satunya kerusakan pada sistem bahan bakar. Karena itu, perawatan rutin pada mobil sangat penting dilakukan.

Beberapa alasan yang patut diketahui mengapa tangki mobil tidak boleh kosong. Dari informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (24/4/2024) berikut alasannya.

1. Bisa Muncul Karat

Kosongnya tangki bahan bakar akan memicu terjadinya proses kondensasi (pengembunan) menjadi sangat besar. Proses ini akan mengakibatkan munculnya titik-titik air yang ujung-ujungnya akan mengakibatkan karat.

Karat yang menumpuk lama-lama akan rontok berbentuk seperti kotoran berpasir. Sangat berbahaya jika kotoran semacam ini terisap pompa bahan bakar atau bahkan lolos sampai ke mesin. Efek kondensasi juga dikhawatirkan akan menurunkan kualitas bahan bakar karena adanya campuran air dengan bahan bakar. Potensi ini jadi semakin besar jika mobil jarang digunakan.

2. Rusak Pompa Bahan Bakar

Di tangki mobil terdapat pompa bahan bakar (fuel pump) yakni sebuah alat yang berfungsi menyalurkan bensin ke mesin.

Pada mobil-mobil modern, pompa ini didesain agar selalu terendam di dalam bahan bakar. Tujuannya untuk meminimalkan suhu tinggi yang timbul saat pompa bekerja.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika sering tak terendam dengan sempurna akibat volume bahan bakar yang minim, maka usia pompa bahan bakar akan semakin pendek. Hal ini terjadi karena pompa kepanasan (overheat) saat bekerja.

3. Rusak Injektor

Seperti sudah dijelaskan, minimnya volume bahan bakar di dalam tangki menyebabkan kotoran atau karat terhisap oleh pompa bahan bakar. Kotoran tersebut ujung-ujungnya akan menyumbat kinerja dari injektor.

Peran injektor sangat penting dalam menjaga pasokan bahan bakar untuk keperluan mesin. Jika injektor sampai rusak, biaya perbaikan dan penggantian komponen yang cukup mahal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini