Share

PLN Bakal Sulap 2 Ribu Tiang Listrik Jadi SPKLU

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 24 April 2024 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 24 52 3000129 pln-bakal-sulap-2-ribu-tiang-listrik-jadi-spklu-bP0DYiTXqk.jpg PLN bakal sulap 2 ribu tiang listrik jadi SPKLU. (PLN)

JAKARTA - PT PLN (Persero) mengklaim telah selesai melakukan uji coba tiang listrik yang diubah menjadi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Skema ini dianggap bakal mempermudah pemilik kendaraan listrik untuk mengisi daya baterai.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti mengatakan, uji coba ini dilakukan sebagai upaya PLN menyediakan infrastruktur kendaraan listrik. Diharapkan tujuan pemerintah mempercepat penggunakan kendaraan listrik di Indonesia segera tercapai.

“Sudah, sudah berhasil. Sudah oke menggunakan AC berkapasitas 22 kW. Jadi kita taruh di tempat-tempat parkir yang memungkinkan. Tentu kita juga minta izin ya kepada pihak sekitar. Ada yang sudah dipasang di depan Hotel Bidakara,” kata Edi di Jakarta, Senin (22/4/2024).

Usai uji coba berhasil, Edi mengatakan, pihaknya menargetkan memasang 2.000 SPKLU dengan menggunakan tiang listrik. Penggunaan dan pembayaran akan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

“Ujinya itu mulai dari uji sentuh sampai terkait ketenagalistrikan. Sudah aman. Kita baru uji coba di tiga lokasi. Target tahun ini kita buat 2.000 unit. Kita pakai PLN Mobile. Sudah bisa dipakai umum,” tuturnya.

Saat ini, SPKLU tiang listrik baru ada di tiga lokasi di Jakarta sebagai uji coba yang nantinya akan disebar di seluruh Indonesia. Edi mengatakan, aplikasinya juga tidak bisa di tempat sembarangan karena menyangkut keamanan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Nanti kita lihat ya, karena kan dia ada di luar (outdoor), jadi perlu ada security. Jadi nanti kita investigasi lagi (lokasi yang cocok), kita investarisir mana lokasi-lokasi yang memungkinkan,” ujarnya.

Selain itu, Edi menyampaikan penerapan SPKLU tiang listrik ini akan dilihat populasi mobil listrik di wilayah tersebut. Apabila jumlahnya masih sedikit, SPKLU yang sudah terbangun dirasa cukup.

“Kita juga tergantung pada populasi mobil ya. Jadi itu pertimbangan (membuka SPKLU tiang listrik). Di mana mobil banyak, kita juga akan banyak. Tapi kan sekarang Sulawesi, Makassar sudah banyak juga ya,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini