Share

Usai Mudik Lebaran 2024, Jangan Lupa Cuci Mobil

Ferdinando Tamaro, Okezone · Rabu 17 April 2024 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 17 52 2996938 usai-mudik-lebaran-2024-jangan-lupa-cuci-mobil-O9IKcKjN8b.jpg Usai mudik Lebaran 2024, jangan lupa cuci mobil. (Pixabay)

JAKARTA - Selesai mudik ke kampung halaman, jangan lupa untuk membersihkan kendaraan. Pasalnya, selama mudik mobil menempuh perjalanan jarak jauh dengan durasi lama di tengah kondisi cuaca tak menentu.

Karena itu, selepas mudik ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan kendaraan agar kondisinya tetap terjaga.

Sebagaimana dilansir dari laman toyota.astra, Rabu (17/4/2024), berikut tips untuk mencuci mobil dengan kering tanpa meninggalkan bau lembab:

1. Bersihkan bodi mobil

Semprot menggunakan air bertekanan dari kolong mobil dan ban untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan.

Selanjutnya beralih ke bodi mobil yang dimulai dari bagian atap supaya kotoran dapat bergerak turun dengan baik. Gunakan sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran.

2. Bersihkan ruang mesin

Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan. Alih-alih bersih, malah bisa terjadi korsleting. Cukup memakai lap atau microfiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin. Manfaatkan cairan pembersih exterior cleaner supaya proses bersih-bersih bisa berjalan lebih efektif karena kotoran di ruang mesin cukup sulit dibersihkan. Gunakan sikat kawat lembut untuk celah yang sulit terjangkau.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Bersihkan kabin mobil

Bagian ini memakan waktu cukup lama. Harus hati-hati karena setiap material interior membutuhkan bahan perawatan yang berbeda. Mulai dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan dicuci menggunakan sabun pembersih. Pastikan karpet mobil kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau.

Perlunya alat tambahan seperti vacuum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil hingga celah-celah yang memiliki potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan. Cover jok mobil berbahan fabric atau kain bisa dilepaskan dan dicuci.

4. Pastikan bagasi mobil bersih

Mobil dengan bagasi menyatu kabin seperti SUV dan MPV, urusan membersihkan bagasi dapat dilakukan sekaligus. Bagasi terpisah seperti pada sedan juga wajib dibersihkan. Keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, serta pastikan kering supaya tidak lembab dan bau.

Pakai vacum cleaner untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi untuk memastikan kotoran hilang. Perhatikan tempat penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang menyelinap sekaligus membersihkan ban serep dan pelek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini