Share

Usai Mudik Lebaran 2024, Cek 5 Komponen Mobil Ini

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Selasa 16 April 2024 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 16 52 2996486 usai-mudik-lebaran-2024-cek-5-komponen-mobil-ini-KsiQ1DuY7d.jpg Usai mudik Lebaran 2024, cek 5 komponen mobil ini. (Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Mudik Lebaran 2024 sudah usai. Masyarakat kembali beraktivitas seperti biasanya.

Usai perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk dicek kondisinya. Hal ini untuk memastikan kondisi mobil tetap prima setelah perjalanan jauh ke kampung halaman. Pengecekan usai mudik ini juga untuk menghindari kerusakan saat digunakan sehari-hari.

Berikut beberapa komponen mobil yang perlu diperiksa usai mudik, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2024) :

1. Oli mesin

Selama perjalanan jauh, oli mobil akan terus bekerja untuk melumasi mesin dan menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin. Hal itu dapat membuat oli menjadi kotor dan berkurang volume sebab oli terbakar atau menguap.

2. Kaki-Kaki

Selama perjalanan mudik, tak selamanya melintasi jalanan halus. Jalanan yang tidak rata seperti berlubang akan membuat kinerja kaki-kaki mobil lebih berat untuk menopang berat mobil. Karena itu, periksalah bagian shock, lower arm, ban, dan komponen kaki-kaki lainnya.

3. Filter bahan bakar

Saat perjalanan mungkin tidak menemukan bahan bakar yang sesuai dengan oktan kendaraam anda karena ketersediaan bahan bakar di daerah-daerah tertentu. Karena itu, penting untuk mengecek filter bahan bakar dan perlu diganti jika sudah kotor agar bahan bakar yang masuk ke ruang mesin tetap bagus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Rem

Rem merupakan komponen keselamatan terpenting pada sebuah mobil. Perjalanan yang panjang ditambah dengan kondisi jalanan yang macet akan membuat rem bekerja secara terus menerus. Penting untuk memeriksa ketebalan kampas rem agar tetap dapat mengerem dengan optimal.

5. Interior

Bersihkan interior kendaraan secara menyeluruh agar terhindar dari bau yang tidak sedap dan masuknya serangga. Bagian interior bisa dibersihkan menggunakan vakum cleaner untuk mengambil sisa-sisa makanan serta kotoran lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini