Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Waspada, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Motor

Erha Aprili Ramadhoni , Jurnalis-Rabu, 13 Maret 2024 |16:35 WIB
Waspada, ini dampak jarang ganti oli motor. (Ilustrasi/Freepik)
Waspada, ini dampak jarang ganti oli motor. (Ilustrasi/Freepik)
A
A
A

JAKARTA - Oli motor memegang peran krusial dalam menjaga performa mesin kendaraan. Karena itu, oli harus rutin diganti agar performa mesin kendaraan tetap optimal.

Jangan sampai abai terhadap jadwal ganti oli. Hal itu karena bisa berdampak buruk bagi kendaraan. Berikut dampak jika tak rutin ganti oli motor, sebagaimana melansir laman resmi Suzuki, Rabu (13/3/2024) :

Berdampak pada Kinerja Mesin

Penggantian oli yang terlambat dapat memberikan dampak serius terhadap kinerja mesin kendaraan. Oli yang sudah terlalu tua atau tercemar menjadi kurang efektif dalam melumasi komponen mesin, menyebabkan gesekan yang lebih tinggi dan keausan yang berlebihan.

Ketika mesin tidak mendapatkan pelumasan yang optimal, suhu mesin dapat meningkat, mengakibatkan penurunan efisiensi. Bagian-bagian mesin yang tidak memperoleh pelumasan yang memadai dapat mengalami kerusakan, termasuk piston, bearing, dan komponen lainnya.

Dampak ini tidak hanya mempengaruhi performa mesin, tetapi juga dapat menyebabkan penurunan daya tahan dan masa pakai kendaraan secara keseluruhan.

Komponen Mesin Rentan Rusak

Penggantian oli yang terlambat membawa risiko serius terhadap berbagai komponen mesin kendaraan. Oli yang sudah terlalu lama dapat kehilangan kemampuannya dalam memberikan pelumasan yang optimal. Akibatnya, komponen mesin seperti piston, bearing, dan bagian-bagian lainnya dapat mengalami gesekan berlebihan yang menyebabkan keausan yang lebih cepat.

Kerusakan pada komponen ini dapat merugikan kesehatan mesin secara keseluruhan dan dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang signifikan. Selain itu, kurangnya pelumasan yang efektif dapat menghasilkan panas berlebih, meningkatkan risiko overheating, dan merugikan efisiensi mesin.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement