Share

Kijang Innova Zenix Hybrid Jadi Mobil Terlaris, Simak Cara Perawatannya

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 10 Maret 2024 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2024 03 10 52 2981516 kijang-innova-zenix-hybrid-jadi-mobil-terlaris-simak-cara-perawatannya-podn0OUJY0.jpeg Foto: Citra/Okezone.

JAKARTA Kijang Innova Zenix Hybrid sukses menarik minat para konsumen di Indonesia, yang dibuktikan dengan keberhasilan mobil MPV ini menjadi yang terlaris di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Mengusung teknologi hybrid, ada perawatan khusus yang perlu diperhatikan pemilik Kijang Innova Zenix agar mobil lebih awet. Untuk itu, Auto2000 sebagai diler resmi Toyota membagikan tips perawatan mobil hybrid, sebagai berikut:

1. Pelajari Buku Manual Kendaraan 

Pelajari seluk-beluk kendaraan yang tercantum di buku petunjuk penggunaan yang sering disebut buku manual. Khususnya bagi yang belum pernah memiliki hybrid electric vehicle (HEV) agar tidak ada kendala di jalan. Sementara untuk buku manual sendiri bisa didapatkan dengan melakukan download di aplikasi MToyota.

2. Menjaga Baterai 

Salah satu yang penting diketahui pemilik mobil Zenix Hybrid adalah larangan menutup kisi udara pendingin baterai yang berada di bawah jok penumpang depan. Motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) tidak dapat beroperasi dengan optimal kalau aliran udara segar terhambat.

Akibatnya, pendinginan baterai akan terganggu dan suhunya meningkat, sehingga overheat dan kinerjanya menurun. Baterai tidak dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator saat kondisi charging.

Ketika kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan, maka mesin bensin akan hidup terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan.

3. Gunakan TMO Motor Oil Untuk Menjaga Kinerja Mesin 

Pastikan pula mengisi bahan bakar yang sesuai rekomendasi Toyota karena Kijang Innova Zenix HEV telah mengusung mesin TNGA 2.0. Sama halnya dengan oli mesin yang wajib diganti secara berkala untuk mengoptimalkan performa dan menjaga daya tahan mesin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Pastikan Servis Berkala 1 Bulan Pertama

Servis berkala 1 bulan pertama memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan. Servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama juga memastikan mobil baru dalam kondisi prima.

Karena dilakukan pengecekan seluruh komponen kendaraan, maka servis berkala ini merupakan deteksi dini kondisi mobil sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar. Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan Anda terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan.

Servis berkala 1 bulan pertama merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty adalah rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota. Servis berkala 1 bulan pertama juga merupakan syarat disetujuinya program T-CARE yang berlaku pula untuk Kijang Innova Zenix HEV.

“Hybrid vehicle ini sangat mudah urusan perawatan berkala asalkan mengikuti petunjuk kami. Jangan lupa servis berkala 1 bulan pertama dan service berkala selanjutnya, demi memastikan kondisi mobil bisa optimal,” kata Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000 dalam keterangan resmi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini