Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Polisi Imbau Masyarakat Tak Mudik Gunakan Motor, Ini Alasannya

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Kamis, 07 Maret 2024 |13:39 WIB
Masyarakat diimbau tak mudik pakai motor, ini alasannya. (Ilustrasi/Dok Okezone)
Masyarakat diimbau tak mudik pakai motor, ini alasannya. (Ilustrasi/Dok Okezone)
A
A
A

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyosialisasikan mengenai mudik yang aman kepada masyarakat. Salah satunya, masyarakat diimbau tidak mudik menggunakan sepeda motor.

Kakorlantar Irjen Polri Aan Suhanan meminta masyarakat mengurungkan niatnya mudik dengan sepeda motor. Menurutnya, kendaraan roda dua memiliki potensi kecelakaan yang tinggi saat melakukan perjalanan jarak jauh.

“Untuk sepeda motor, itu kita tidak melarang, artinya tidak melarang, tapi mengimbau (tidak pakai motor),” kata Aan seperti dikutip dalam keterangan resmi Humas Polri, Kamis (7/3/2024).

Ia menyampaikan, tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor saat arus mudik tahun lalu cukup tinggi. Aan mengungkapkan, sebesar 74 persen pengendara sepeda motor menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas.

“Dengan data tersebut, sebaiknya teman-teman masyarakat Indonesia yang akan mudik itu tidak menggunakan sepeda motor karena sangat potensial terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Mantan Dirgakkum Korlantas Polri itu mengatakan, ada banyak program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah dalam rangka mengurangi penggunaan sepeda motor. Terlebih, disediakan angkutan untuk membawa sepeda motor ke tujuan masing-masing.

Kendati begitu, Aan mengingat masyarakat yang tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor agar memperhatikan sejumlah hal terkait keselamatan.

“Pertama, pastikan sepeda motor itu sehat. Kedua, manusianya juga sehat. Yang ketiga, perlengkapan, helm, kemudian sepatu, jaket untuk melindungi diri,” ucapnya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement