Share

Berminat Beli Mobil bekas di Pelalangan? Simak Tips Ini Biar Tak Tertipu

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 03 Maret 2024 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2024 03 03 52 2978480 berminat-beli-mobil-bekas-di-pelalangan-simak-tips-ini-biar-tak-tertipu-q6lFUKTMLA.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Membeli mobil bekas menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang yang ingin memiliki kendaraan dengan harga yang terjangkau. Salah satu pilihan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik dan harga di bawah pasaran adalah melalui pelelangan.

Dikutip dari laman Kemenkeu, Lelang merupakan istilah sebuah transaksi jual beli dengan sistematika khusus. Lelang didefinisikan sebagai penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan.

Di Indonesia, lelang dimulai pada 1908 ketika Belanda masih menguasai Indonesia. Pada saat itu, dasar hukum lelang dikenal dengan ­Vendu Reglement (Stbl. 1908 No. 189) dan Vendu Instructie (Stbl. 1908 No. 190).

Hingga saat ini, peraturan dasar lelang tersebut masih berlaku di Indonesia sebagai pedoman penyelenggaraan lelang. Meski peraturannya sudah jelas, perlu diketahui apa saja yang dibutuhkan saat mengikuti pelelangan.

Berbeda dari membeli mobil bekas, lelang dinilai cukup sulit dilakukan, terlebih pemain baru di bidang ini. Bagi yang masih tergolong pemula, sebaiknya simak beberapa tips yang dapat diterapkan seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Cek Harga Mobil di Pasaran

Melakukan pengecekan harga di pasaran bisa dijadikan referensi harga terendah sampai tertinggi atas unit mobil tersebut. Statusnya yang mobil bekas, maka harga yang dicari juga harus atas mobil bekas juga. Dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu, Anda akan terhindar dari risiko rugi karena over budget atau gagal mendapat unit mobil.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Pilih Balai Lelang Resmi 

Tips membeli mobil bekas di pelalangan berikutnya adalah ikut dalam di balai lelang resmi. Anda harus mengetahui apakah balai lelang yang menjadi pilihan Anda itu resmi atau tidak.

Balai lelang resmi punya pool yang mana difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan yang akan di lelang.

3. Pahami Arti Kondisi Mobil

Terdapat lima arti kondisi mobil bekas di pelelangan yang ditandari huruf A-E. Untuk nilai A dan B, maka mobil bekas dalam keadaan bagus dan seperti baru. Sedangkan nilai C, ada sedikit kecatatan yang perlu diketahui letaknya.

Sementara nilai D artinya mobil bekas tersebut pernah mengalami kecelakaan dan memerlukan perbaikan minor. Apabila mendapat penilaian E, maka mobil bekas perlu perbaikan besar yang biayanya tak sedikit.

4. Datang dan Cek Kendaraan Langsung

Tips membeli mobil di lelang mobil bekas selanjutnya adalah datang dan cek kendaraan di balai lelang secara langsung. Anda bisa mengajak teman atau saudara Anda yang paham tentang otomotif dan mesin mobil. Jangan datang sendiri agar Anda tidak tertipu.


5. Pilih Minimal 2 Unit Mobil Yang Diinginkan

Untuk menghindari risiko gagal mendapatkan mobil, Anda bisa mengatasinya dengan memilih beberapa unit mobil yang masih pas di budget. Pilihlah minimal 2 unit mobil terbaik saat setelah masuk ke dalam pelelangan.

6. Jangan Terburu-Buru

Proses lelang mobil ini bisa berjalan cukup cepat, tergantung dari seberapa banyak peminatnya. Pada saat ini, Anda terkadang bisa merasakan emosi sehingga pilihan yang diputuskan cenderung diambil saat terburu-buru.

Untuk mengatasinya, Anda tetap harus berhati-hati dan mengamati pelelang lainnya. Sebab, dalam dunia lelang mobil akan ada intrik yang disengaja, dengan tujuan untuk merusak harga.

7. Perhatikan Waktu

Musim lelang biasanya ramai digelar dua sampai tiga bulan setelah Idul Fitri. Saat Idul Fitri permintaan mobil sangat meningkat pesat. Mobil tersebut banyak digunakan untuk pulang kampung.

Sayangnya dua sampai tiga bulan setelahnya banyak angsuran yang macet sehingga mereka menawarkannya di balai lelang yang lebih cepat dan mudah. Itulah waktu terbaik untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini