Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ini 3 Cara Memperbaiki Kiprok Motor yang Rusak

Kiprok motor. (Foto: Klik NSS)
Kiprok motor. (Foto: Klik NSS)
A
A
A

JAKARTA - Bagi pengendara motor, kesulitan saat mencoba menghidupkan mesin adalah masalah umum yang sering dialami. Banyak faktor dapat menjadi penyebab utama dari kendala ini.

Jika Anda mengalami hal demikian maka sebaiknya tidak dianggap remeh. Motor yang susah dinyalakan saat mesin dingin menjadi indikasi adanya permasalahan pada kiprok.

Kiprok motor, yang dikenal sebagai regulator-rectifier, merupakan salah satu elemen vital dalam sepeda motor. Berfungsi mengubah arus AC dari alternator menjadi arus DC untuk mengisi daya aki dan menyalakan lampu motor, kiprok yang rusak dapat menyebabkan masalah serius seperti lampu mati, aki cepat habis, dan bahkan mesin mogok.

Lantas bagaimana jika kiprok motor rusak? Dilansir dari berbagai sumber, Senin (12/2/2024). Inilah 3 cara memperbaiki kiprok motor yang rusak.

1. Pemeriksaan Kabel dan Konektor

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memeriksa semua kabel dan konektor yang terhubung ke kiprok. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau konektor yang longgar.

Terkadang, masalah sederhana seperti kabel yang rusak dapat menyebabkan gangguan pada kiprok.

2. Penggantian Kiprok Motor

Jika kiprok terbukti rusak, langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan yang baru. Kiprok yang rusak biasanya sulit diperbaiki secara fisik, oleh karena itu lebih baik membeli kiprok motor yang baru. Investasi ini penting untuk menjaga kelistrikan motor tetap berfungsi dengan baik.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement