Share

Red Bull Percepat Produksi Hypercar, Apa Kabar Ferrari dan Bugatti?

Wahyu Sibarani, MNC Portal · Senin 08 Januari 2024 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2024 01 08 52 2951496 red-bull-percepat-produksi-hypercar-apa-kabar-ferrari-dan-bugatti-2LIMIds040.jpg Tampilan misterius mobil hypercar keluaran Red Bull, RB17. (Foto: Redbulladvancedtechnology)

JAKARTA - Tahun 2024 bertepatan dengan Shio Naga Kayu dianggap sebagai momen pas untuk Red Bull meluncurkan mobil hypercar RB17. Rencana ini lebih cepat dibandingkan dengan jadwal sebelumnya, yaitu 2025.

Percepatan ini bisa saja bikin kaget rival mereka, seperti Bugatti, Ferrari, Koenigsegg, dan pabrikan lainnya. Sebab, rival Red Bull baru akan mengeluarkan mobilnya pada 2024. Team Princial Red Bull F1 Team Christian Horner mengatakan timnya sudah melakukan persiapan dengan baik terkait desain RB17.

"Team kami sudah mendesain RB 17 dengan sangat baik dan mobil hiper kami akan diluncurkan di 2024 ini," ujar Horner kepada Sky Sport, Senin (8/1/2024). Kepastian ini sekaligus menjawab keraguan dan informasi yang beredar terkait masa depan proyek RB17 sejak dimulai pada 2022.

RB 17 didesain salah satu tokoh legendaris di Formula 1, Adrian Newey. Pria kelahiran 26 Desember 1958 itu sudah membawa banyak tim Formula 1 meraih gelar juara dunia seperti Williams, McLaren, dan Red Bull Formula 1.

“RB17 menjadi tonggak penting dalam evolusi Red Bull Advanced Technologies, yang kini sepenuhnya mampu menciptakan dan memproduksi mobil seri produksi di Teknologi Red Bull Campus. Ini juga kali pertama mobil dengan merek Red Bull tersedia untuk kolektor,” tambah Horner.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tapi, keraguan muncul muncul karena Red Bull sangat fokus di balap mobil Formula 1. Selain itu, seperti ditulis Autoblog, Red Bull sempat kesulitan mengajak pabrikan mobil lain untuk menyuplai mesin RB17.

Red Bull telah membocorkan RB17 akan menggunakan mesin V8 berteknologi hybrid yang akan menyemburkan 1.100 daya kuda, RB17 juga dikembangkan dari sasis serat karbon komposit serta memiliki aerodinamika ground effect seperti mobil Formula 1.

 BACA JUGA:

Red Bull hanya memproduksi sebanyak 50 unit RB17 dengan banderol selangit yakni 5 juta Poundsterling atau setara Rp90 miliar. Harga tersebut membuat Red Bull RB17 akan bersaing dengan Bugatti Chiron dan Ferrari LaFerrari.

Chief Technical Officer Oracle Red Bull Racing dan Red Bull Advanced Technologies Adrian Newey mengatakan RB17 menyaring semua yang diketahui Red Bull tentang menciptakan mobil pemenang kejuaraan Formula One ke paket yang memberikan tingkat performa ekstrim pada mobil balap dua kursi.

"Didorong oleh semangat kami terhadap performa di setiap level, RB17 mendorong batasan desain dan teknis jauh melampaui apa yang sebelumnya tersedia bagi para penggemar dan kolektor,” tandas Adrian Newey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini