Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

7 Tips Aman Mengendari Mobil di Jalan Tol Layang saat Libur Natal dan Tahun Baru,

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Sabtu, 30 Desember 2023 |11:08 WIB
Bentuk jalan tol layang membutuhkan kewaspadaan dari pengemudi. (Foto: BPIT PU)
Bentuk jalan tol layang membutuhkan kewaspadaan dari pengemudi. (Foto: BPIT PU)
A
A
A

JAKARTA – Sebagian masyarakat akan memilih menggunakan mobil untuk menikmati libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang berada di ruas tol Jakarta-Cikampek akan dipilih banyak orang.

Namun, pengendara perlu memahami bagaimana mengendari mobil di jalan tol dengan karakter seperti MBZ dan Jakarta - Cikampek . Mulai dari waspada tabrakan beruntun atau ban pecah di tengah jalan.

Seperti di jalan tol layang MBZ. Di sana tidak ada akses untuk mobil turun, kontur jalan naik-turun, tanpa rest area, dan lajur terbatas. Hal ini akan mempersulit pengendara apabila mengalami keadaan darurat.

Untuk menghindari risiko ketika melewati tol layang MBZ, simak tips berikut seperti dibagikan Auto2000.

1) Pastikan Kondisi Mobil

Pastikan kondisi mobil seperti ban dan mesin. Jika mulai merasa ada masalah seperti panel indikator menyala, bunyi-bunyian aneh, atau hal-hal tidak biasa lainnya, sebaiknya ambil jalur tol biasa. Tujuannya tidak menyulitkan apabila mogok.

2) Persiapan Pengemudi

Di tol layang pengemudi tidak bisa istirahat atau bergantian karena bahu jalan yang sangat terbatas dan tidak terdapat rest area. Jadi, pastikan pengemudi dalam kondisi fit. Tidak kalah penting adalah memperhatikan kebutuhan penumpang karena tidak ada toilet.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement