Share

Mobil Listrik CBU Juga Bakal Dapat Insentif

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Sabtu 16 Desember 2023 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2023 12 16 52 2939799 mobil-listrik-cbu-juga-bakal-dapat-insentif-iXvmSebM1D.JPG Mobil listrik Wuling BingouEV. (Doc. Okezone)

 

JAKARTA – Pemerintah Indonesia berupaya keras mempercepat penggunaan kendaraan listrik dengan mengeluarkan sejumlah kebijakan.

Terbaru, mobil listrik CBU alias impor langsung dari luar negeri akan mendapat insentif.

Seperti diketahui, saat ini baru mobil listrik yang dirakit secara lokal dengan nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) minimal 40 persen, yang dapat insentif.Konsumen hanya dibebankan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 1 persen dari seharusnya 11 persen.

 BACA JUGA:

Sejauh ini baru ada dua model mobil listrik yang mendapat insentif, yakni Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan gagasan mengenai insentif mobil listrik CBU tercipta karena ada satu kasus berbeda. Tapi ia memastikan tujuan utamanya untuk percepatan kendaraan listrik di Indonesia.

“Memang ada dua kasus, pertama ada perusahaan yang sudah eksis duluan setelah itu baru konsep CBU, tetapi dia sudah menuju 40 persen. Case kedua ada perusahaan baru akan membangun di Indonesia, sama skemanya CBU dulu tapi akan bikin di Indonesia,” kata Moeldoko di Jakarta, belum lama ini.

Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, mengungkapkan aturan terbaru mengenai insentif mobil listrik bisa keluar dalam waktu dekat.

 BACA JUGA:

“Untuk teman-teman yang baru akan membuat pabrik di Indonesia kita berikan waktu 2 tahun, sampai akhir 2025. Perpresnya sudah keluar, nanti kita buatkan peraturan turunannya semoga bisa selesai akhir tahun ini,” ujar Rachmat di tempat yang sama.

Sebagai informasi, dalam Perpres terbaru menyatakan bahwa mobil listrik CBU akan dibebaskan bea masuk dan PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah). Namun, ada kuota yang ditentukan dan tidak semua model mobil listrik CBU masuk dalam program tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ima)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini