Share

Berapa Harga Tank Pindad? Capai Triliunan Rupiah

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 11 Desember 2023 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2023 12 11 52 2936535 berapa-harga-tank-pindad-capai-triliunan-rupiah-V3FB6bSByc.jpg Ilustrasi untuk tank buatan PT Pindad (Foto: Okezone)

JAKARTA- Banyak yang bertanya berapa harga tank Pindad? Karena beberapa waktu lalu alat perang dan alutista canggih buatan Republik Indonesia tengah menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, pasalnya Indonesia kini menjadi negara ketiga di dunia yang mampu memproduksi tank.

Salah satu yang menarik perhatian banyak publik dunia yaitu Medium Tank Harimau. Monster tempur satu ini dibuat dari hasil kolaborasi antar PT Pindad Windu Paramarta dengan negara Turki.

Lantas berapakah harga yang ditawarkan dari tank Pindad produksi dalam negeri ini? Berikut Okezone telah merangkum berbagai sumber, Senin (11/12/2023).

Berapa Harga Medium Tank Harimau Pindad

Medium Tank Harimau memiliki tampilan body yang sangat besar dan kekar dengan warna kombinasi hijau yang khas melekat pada TNI Indonesia. Kendaraan tempur satu ini dibuat dengan spesifikasi yang spesial yaitu memiliki daya fokus yang detail pada sektor penembakan yang dilengkapi two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Penyematan tersebut dilakukan supaya mampu memperoleh daya tempur maksimum sehingga target lebih cepat ketimbang jenis tank lainnya. Tentu saja keunggulan yang disematkan tersebut membuat Medium Tank Harimau cocok digunakan pada medan hutan tropis karena bobotnya yang lebih ringan ketimbang tank jenis lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Inovasi yang dikembangkan ini lantas membuat Medium Tank Harimau kian diminati banyak negara di dunia. Hal itu dibuktikan dari jumlah produksi pemesanan unit tank tempur ini yang sudah mencapai angka 18 unit. Terkait produksi unit tersebut akan mulai dibuat dengan rentang waktu periode kontrak pengerjaan tahun 2020-2023.

Dalam rentang 2022-2023, tank buatan PT Pindad ini telah dipesan sebanyak 18 unit dengan harga mencapai USD135 juta atau sekitar Rp1,9 triliun. Demikian informasi terlengkap yang dilampirkan mengenai spesifikasi dan harga kendaraan tempur medium Tank Harimau. Semoga ulasan satu ini bermanfaat.*

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini