Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Sistem Tukar Baterai Dianggap Hambat Produsen Ciptakan Motor Listrik Performa Tinggi, Kenapa?

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Minggu, 10 Desember 2023 |13:47 WIB
Motor listrik Polytron (Foto: Istimewa)
Motor listrik Polytron (Foto: Istimewa)
A
A
A

JAKARTA - Standarisasi baterai masih menjadi kendala terbesar motor listrik dan menghambat penyebarannya di Indonesia. Setiap produsen memiliki konsep sendiri dalam memproduksi baterai untuk motor listrik buatannya.

Seperti diketahui, sebagian besar motor listrik yang beredar di Indonesia menawarkan kemudahan dengan melakukan pengisian di rumah. Namun, ada juga yang menerapkan sistem tukar baterai yang dianggap lebih memudahkan konsumen.

Direktur Komersial Polytron, Tekno Wibowo mengatakan pihaknya memilih opsi sewa baterai pada motor listrik buatannya. Pihaknya meyakini hal tersebut menjadi opsi terbaik yang dapat menawarkan performa tinggi kepada konsumen.

“Kita ingin beda sama yang lain. Kita melihatnya sewa baterai lebih menguntungkan bagi konsumen. Karena harga baterai ini kan paling mahal,” kata Tekno saat ditemui di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Tekno mengatakan sistem tukar baterai akan memengaruhi pada performa dan jarak tempuh motor listrik. Ini akan menghambat pengembangan motor listrik, mengingat ada spesifikasi khusus yang ditetapkan pada perusahaan penyedia sistem tukar baterai.

“Swap itu kan nanti masalah di sisi performanya, kan dibatasi. Satu baterai swap itu cuma bisa (tempuh) 60 kilometer berarti kita gak bisa bikin motor yang performanya lebih bagus. Kalau gak (mengikuti) nanti baterainya gak bisa ditukar karena beda (spesifikasinya). Makanya kita pilih swap,” ungkapnya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement