Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Mazda Bakal Pakai Teknologi AI untuk Pangkas Waktu Pengembangan Kendaraan

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Sabtu, 02 Desember 2023 |20:52 WIB
Ilustrasi mobil Mazda. (Doc. Okezone)
Ilustrasi mobil Mazda. (Doc. Okezone)
A
A
A

JAKARTA – Mazda melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan proses pengembangan pada setiap lini produknya.

Kini, produsen asal Jepang itu akan berinvestasi pada perusahaan teknologi untuk memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI.

Melansir Carscoops, Minggu (2/11/2023), Mazda menggandeng Secondmind, sebuah perusahaan teknologi asal Inggris. Upaya memangkas waktu desain dan pengembangan mobilnya, Mazda berinvestasi sebesar 16 juta dolar AS atau setara Rp248 miliaran.

 BACA JUGA:

"Industri otomotif perlu lebih mempercepat kecepatan dan efisiensi pembangunan karena diversifikasi kebutuhan pasar dan meningkatnya kecanggihan dan kompleksitas teknologi," kata Kepala R&D Mazda Naohito Saga.

Secondmind menilai penggunaan teknologi AI dapat memangkas waktu pengembangan mobil baru dari hitungan tahun menjadi bulan.

AI diklaim bisa mengurangi jumlah kesalahan yang dibuat selama tahap desain dan pengujian sebanyak hingga 10 kali lipat.

Hal tersebut dapat menghasilkan lebih sedikit koreksi dan 40 persen lebih sedikit prototipe. Pada akhirnya, AI ini bisa menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan selama pengembangan kendaraan baru, khususnya untuk kendaraan listrik.

 BACA JUGA:

Dana investasi dari Mazda ini akan digunakan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran Secondmind, dan akan membantu mempercepat pengembangan Mesin Pengoptimalan yang berbasis cloud.

Secondmind juga akan meningkatkan dukungannya terhadap penelitian AI dan strategi edukasi canggih Mazda. 

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement