Share

Ini Sebab Subaru Ogah Buru-buru Bawa Mobil Listrik ke Indonesia

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 26 November 2023 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 11 26 52 2927514 ini-sebab-subaru-ogah-buru-buru-bawa-mobil-listrik-ke-indonesia-feRH0MnvPu.jpeg Subaru (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu pasar mobil listrik untuk sejumlah pabrikan. Menariknya hal tersebut justru tidak dilakukan oleh Subaru yang mengaku masih enggan memboyong mobil listrik mereka ke Tanah Air.

Pemerintah sebelumnya telah memberikan relaksasi untuk mobil listrik berupa insentif potongan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10 persen. Namun, itu hanya berlaku bagi mobil listrik yang dirakit lokal dan memiliki nilai TKDN minimal 40 persen.

Menjawab peluang tersebut, Chief Executive Officer Subaru Indonesia, Arie Christopher mengatakan bahwa ada beberapa asalan yang membuat pihaknya belum mengenalkan mobil listrik untuk pasar Indonesia.

“Bagi kami, ketika meluncurkan line up tidak hanya listrik tetapi juga Internal Combustion Engine (ICE), kami harus benar-benar yakin bahwa produk tersebut sesuai dengan brand positioning Subaru di Indonesia,” kata Arie di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Subaru belum memiliki pabrik di Indonesia dan mobil yang mereka pasarkan bersatatus CBU alias diimpor utuh dari luar negeri. Apabila mendatangkan mobil listrik, Subaru tidak bisa masuk dalam program insentif.

Arie mengungkapkan Subaru masih mempelajari pasar mobil listrik di Indonesia, mengingat segmen ini baru berkembang di Tanah Air. Menurutnya, menghadirkan produk yang tepat agar bisa diterima konsumen luas menjadi fokus utama mereka.

“Buat kami, framing adalah hal yang paling penting sebelum memasukkan tipe tertentu ke Indonesia. Kami tidak mau memasukkan mobil tapi tidak sesuai, terus di setop. Jadi saat kita masukkan satu tipe mobil, itu akan terus berada di market Indonesia,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagai informasi, Subaru sedang berusaha untuk kembali ke masa kejayaannya di Indonesia. Saat ini, produsen asal Jepang itu memiliki lima model yang ditawarkan, yakni Forester, Crosstrek, BRZ, WRX, dan Outback.

Kendati begitu, Subaru belum berpikir untuk membangun pabrik di Indonesia untuk memenuhi permintaan pasar lokal. Arie mengungkapkan bahwa pihaknya akan melihat kembali pasar di Tanah Air sebelum membangun pabrik. 

“Belum ada rencana, karena memang untuk membuat pabrik itu kami harus melihat sesuai dengan pertambahan volume dan market share, baru nanti kita ke arah situ. Kami melihat tiga sampai lima tahun ke depan,” ujar Arie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini