Share

Mobil Anda Boros Bensin, Ini Tips Mengatasinya

Fikri Kurniawan, Sindonews · Kamis 01 April 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 15 2387939 mobil-anda-boros-bensin-ini-tips-mengatasinya-zIBE8CqPCI.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Salah satu kekhawatiran pengemudi adalah borosnya bahan bakar mobil ketika digunakan. Padahal, karakter pengemudi dan pemilik mobil memengaruhi masalah tersebut.

Agar mobil tak boros bahan bakar, Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), menyarankan untuk memastikan kendaraan sehat, sehingga kinerjanya optimal dari sisi mesin ataupun ketebalan ban, dan aspek lainnya.

BACA JUGA: Musim Hujan, Jaga Shockbreaker Mobil Jangan Sampai Rusak

"Caranya juga mudah, cukup pastikan kita perawatan berkala. Karena pada saat perawatan berkala hampir semua aspek di periksa. Jadi optimum semuanya," kata Anton, saat dihubungi MNC Portal, Kamis (1/4/2021).

Selain tidak boros bahan bakar, efek positif lain dari perawatan berkala juga menghindari kerusakan yang tidak disadari, sehingga dapat boros biaya.

"Di Toyota cara perawatan berkala juga macam macam sekarang, bisa ke dealer atau workshop resmi terdekat, dan untuk beberapa pemerikaan di waktu atau kilometer tertentu bisa dilakukan dengan THS atau Toyota Home Service," imbuhnya.

BACA JUGA: Pandemi COVID-19, Ini Perlengkapan Wajib untuk Pengendara Sepeda Motor

Cara kedua, jika kendaraan sudah sehat, satu hal yang membantu penghematan bahan bakar adalah manajemen mengemudi dengan baik. Semisal, tidak terlalu sering ngebut sehingga bahan bakar yang digunakan bisa lebih efisien.

"Lalu penggunaan bahan bakar yang tepat sehingga pembakaran sempurna dan banyak hal lainnya," tandas Anton.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini