Share

Tips Merawat Kolong Mobil Tak Mudah Karat Disebabkan Air Hujan

Dani M Dahwilani, iNews · Rabu 10 Maret 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 52 2375554 tips-menjaga-kolong-mobil-tak-mudah-karat-disebabkan-air-hujan-SkUivwcjqn.jpg Ilustrasi (foto; Okezone)

JAKARTAMobil yang terus diguyur hujan berpotensi mempercepat proses timbulnya karat pada bodi mobil. Karat atau korosi merupakan masalah utama kendaraan pada musim hujan lantaran tingginya tingkat keasaman dan mineral pada air hujan.

Bagi pemilik kendaraan disarankan untuk memperhatikan kolong-kolong mobil. Ini mengingat bagian tersebut banyak menggunakan material berbahan dasar besi, terutama area sepakbor dan sasis. Karena sulit dijangkau area tersebut kerap kurang mendapat perhatian.

Baca Juga: Air Hujan Percepat Proses Karat Pada Mobil, Ini Cara Pencegahannya 

"Bagian kolong mobil tidak terlihat. Padahal kotoran seperti pasir atau sampah dari genangan air dapat menempel. Efeknya dapat menimbulkan karat, walaupun pabrikan sudah melapisi dengan antikarat,” ujar National Technical Advisor PT Astra International - Peugeot, Samsudin dalam keterangan tertulisnya Rabu (10/3/2021).

Apalagi air hujan memiliki kadar PH di bawah 5 atau 6, karena karbon dioksida di udara larut dengan air hujan yang memiliki bentuk sebagai asam lemah. Sementara kadar PH netral adalah berada pada angka 7.

Baca Juga: Ini Cara Berkendara yang Ramah Lingkungan Dijamin Irit BBM 

“Untuk memperpanjang usia pakai kendaraan dan terhindar dari karat, cara paling mudah setelah mobil kehujanan yaitu sering-sering dibilas air bersih. Terutama di area sekitar sepakbor dan kolong mobil jika memang masih dapat dijangkau,” kata Samsudin.

Dia menyarankan saat membersihkan sepakbor dan kolong mobil gunakan air bertekanan tinggi. Bersihkan juga bagian pelek, kaliper dan cakram rem karena pasir yang menempel pada rem akan mengganggu kinerja.

"Bila kotoran menumpuk atau sulit dibersihkan, sebaiknya mobil dibawa ke tempat cuci mobil yang menyediakan fasilitas cuci bagian kolong. Biasanya tempat cuci mobil ini menggunakan alat hidrolik sebagai pendukungnya," ujar Samsudin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini