Share

Jokowi: Masa Depan Kendaraan Indonesia Harus Gunakan Listrik Agar Ramah Lingkungan

Dita Angga R, Sindonews · Senin 01 Maret 2021 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 52 2370131 jokowi-masa-depan-kendaraan-indonesia-harus-gunakan-listrik-agar-ramah-lingkungan-xfNJFuDHN6.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin ke depan transportasi maupun kendaraan di Indonesia harus ramah lingkungan. Di mana, kendaraan ke depan tak lagi menggunakan bahan bakar fosil, melainkan listrik.

"Saya kira moda transportasi di negara kita kedepan harus semuanya mengarah kepada kereta transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik,” kata Jokowi saat meresmikan KRL lintas Yogyakarta-Solo, Senin (1/3/2021).

 Baca juga: Stok Bahan Baku Baterai Lithium Tesla Menipis, Ini Strategi Elon Musk

Seperti diketahui Kepala Negara baru saja meresmikan pengoperasian KRL lintas Yogyakarta-Solo. Jokowi mengatakan bahwa KRL Yogyakarta-Solo ini merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan.

 Baca juga: Pabrik Baterai Kendaraan Listrik RI Beroperasi 2023

"Alhamdulillah pada pagi hari ini, akan segera kita resmikan dan kita operasikan KRL Yogyakarta-Solo yang telah siap.Ini adalah sebuah transportasi massal yang ramah lingkungan," ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa KRL dinilai lebih cepat dan efisien dibanding Kereta Api Prambanan Ekspress (Prameks). Selain itu juga dinilai lebih ramah lingkungan.

“Tadi saya diberitahu, disampaikan bahwa KRL ini lebih cepat dibandingkan Prameks. Terpaut berapa menit pak? Kira-kira 10 menit lebih cepat. Dari sisi biaya operasi jauh lebih murah 640 yang sebelumnya, sekarang 290. Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali,” tuturnya.

Turut mendampingi dalam peresmian tersebut Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (fkh)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini