Share

Motor Terendam Banjir, Cek 4 Bagian Ini Agar Mesin Tak Rusak

Riyandy Aristyo, iNews · Senin 22 Februari 2021 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 53 2366190 motor-terendam-banjir-cek-4-bagian-ini-agar-mesin-tak-rusak-unII4xBP7k.jpg Motor terobos banjir (foto: Okezone)

JAKARTA - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya bebarapa hari ini menyebabkan terjadinya genangan air hingga banjir di mana-mana. Akibatnya, sejumlah kendaraan kerap mengalami mati mendadak hingga kerusakan.

Kendaraan khususnya motor yang terendam banjir berisiko mengalami kerusakan yang cukup parah jika tidak segera dilakukan tindakan pertolongan pertama.

Baca Juga: Ini Bahayanya Bila Motor Terendam Banjir dalam Waktu Lama 

Berikut ulasan beberapa tips yang bisa dilakukan saat motor sudah terendam banjir dari berbagai berbagai sumber, Senin (22/2/2021).

1. Cek Busi

Saat motor sudah terendam banjir, paling pasti terjadi adalah motor tidak bisa menyala atau mogok. Jangan panik dan coba untuk mencabut busi. Jika basah, segera keringkan hingga benar-benar kering.

Setelah busi dicabut, cobalah untuk mencoba menyalakan motor dengan kick starter tanpa busi terpasang. Lakukan berkali-kali (secukupnya) lalu pasang busi kembali.

2. Perhatikan Filter Karburator

Selain busi, coba periksa saringan udara karena komponen ini juga sangat riskan rusak jika terendam air. Apabila di dalam saringan karburator terdapat banyak air, segera keringkan supaya motor kembali menyala.

3. Periksa Knalpot

Knalpot merupakan tempat pembuangan gas hasil pembakaran. Jika komponen ini terendam air, bukan tidak mungkin air juga masuk ke dalam mesin. Pastikan knalpot selalu dalam kondisi kering.

4. Panaskan Motor

Setelah semua hal di atas sudah dilakukan, jangan lupa untuk memanaskan motor minimal 3 menit. Untuk menyalakannya disarankan menggunakan kick starter dengan posisi kontak off atau mati. Kemudian nyalakan kontak dan kembali men-starter ulang.

Apabila motor masih belum bisa menyala, segera bawa kendaraan ke bengkel terdekat atau kepercayaan untuk mendapat perbaikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini