Share

Air Hujan Percepat Proses Karat Pada Mobil, Ini Cara Pencegahannya

Riyandy Aristyo, iNews · Jum'at 19 Februari 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 87 2364860 air-hujan-percepat-proses-karat-pada-mobil-ini-cara-pencegahannya-gqqNiYn6Vs.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mobil yang terus diguyur hujan berpotensi mempercepat proses timbulnya karat pada bodi mobil. Karat atau korosi merupakan masalah utama kendaraan pada musim hujan lantaran tingginya tingkat keasaman dan mineral pada air hujan.

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengataka, kunci dari pencegahan proses korosi di bodi mobil adalah menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin.

"Jangan pernah remehkan karat karena begitu terdeteksi butuh tindakan segera agar tidak menjalar dan merusak bodi mobil," katanya melalui siaran pers, Jumat (19/2/2021).

 Baca juga: Musim Hujan, Jaga Shockbreaker Mobil Jangan Sampai Rusak

Dia pun mengajak pemilik mobil untuk selalu mencuci kendaraannya guna memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel.

 Baca juga: Musim Hujan, Ini Cara Agar Air Tidak Menempel pada Kaca Mobil

"Pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat," ujar Tara.

Selain itu, setiap bagian mobil yang mulai terkikis lapisan cat atau antikaratnya untuk segera memperbaiki kendaraannya ke bengkel. Menurut dia, langkah tersebut juga berlaku untuk mobil yang pernah terlibat kecelakaan sehingga bodi baret atau penyok.

"Segera diperbaiki dan jangan menunggu terlalu lama dengan alasan untuk menghemat biaya asuransi atau belum sempat pergi ke bengkel," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini