Share

Masalah Airbag, GM "Recall" 6 Juta Mobil

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 11 Februari 2021 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 52 2360287 masalah-airbag-gm-recall-6-juta-mobil-F8r40AlAP1.jpg GM "recall" 6 juta mobil (Foto: Reuters/Antara)

JAKARTA - General Motor (GM) melakukan penarikan kembali (recall) hampir enam juta mobil pikap dan SUV di Amerika Serikat (AS).

Penarikan ini dilakukan akibat inflator airbag Takata yang berpotensi rusak dan berbahaya.

Seperti kebanyakan perusahaan otomotif lainnya, GM juga telah melakukan beberapa kali kampanye untuk menarik kembali kendaraan-kendaraan mereka akibat iflator airbag Takata yang rusak dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti penarikan lainnya yang diakibatkan oleh inflator kantung udara yang menggunakan bahan propelan amonium nitrat yang dapat menurun setelah terpapar kelembaban dalam waktu lama, suhu tinggi, dan berpotensi menyebabkan inflator kantung udara meledak, sehingga mengirimkan pecahan peluru logam ke dalam kabin kendaraan.

(Baca juga: Chip Langka, GM Perpanjang Pemangkasan Produksi Mobil)

Menurut laman CarsCoops pada Kamis (10/2), penarikan ini melibatkan kendaraan dari tahun 2007 hingga 2014 termasuk dari model Chevrolet Silverado, Silverado HD, Avalanche, Tahoe dan Suburban.

Selain itu, ada juga GMC Sierra, Sierra HD, Yukon dan Yukon XL, Cadillac Escalade, Escalade ESV dan Escalade EXT. Secara total, terdapat 5.953.594 kendaraan yang terlibat dalam kampanye penarikan kembali.

Seperti dikutip Antara, pabrikan mobil ini telah mengkonfirmasi jika mereka telah memberi tahu pemilik kendaraan yang terkena dampak, dan segera untuk membawa kendaraan mereka ke diler terdekat untuk mengganti inflator kantung udara penumpang depan dan perbaikan akan dilakukan secara gratis.

(Baca juga: Pandemi Covid-19, Mobil Pikap dan City Car Diprediksi Jadi Mobil Terlaris 2021)

Diketahui, inflator airbag Takata yang rusak telah menewaskan 27 orang di seluruh dunia, termasuk 18 orang di Amerika Serikat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini