Share

Cara Merawat Mobil Matic Tetap Awet, Oli dan Gearbox Jadi Perhatian Khusus

Dani M Dahwilani, iNews · Selasa 02 Februari 2021 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 87 2354972 cara-merawat-mobil-matic-tetap-awet-oli-dan-gearbox-jadi-perhatian-khusus-MxcsUOfxle.jpg Ilustrasi (foto; Okezone)

JAKARTA - Wajar bila benda bergerak atau berputar seperti mesin akan aus. Meski sudah dilumasi oli, perawatan mesin matic mesti diperhatikan.

Contohnya, komponen dalam gearbox mesin mobil bertransmisi otomatis alias matic. Karena sering bergesekan, gram atau bubuk sisa gesekan akan bersarang dan berisiko mengganggu kinerja kendaraan.

Sebab itu, agar performanya kembali meningkat biasanya dilakukan penggantian pelumas sesuai interval. Namun, penggantian pelumas reguler kurang maksimal lantaran masih ada gram dalam gearbox yang tidak ikut terbuang.

Dibutuhkan proses flushing atau pembersihan kotoran di dalam gearbox agar ruang kerja transmisi bersih maksimal.

Baca Juga: Sering Mencampur Oli dari Berbagai Merek, Ini Dampaknya Pada Mesin

“Langkah ini untuk memaksimalkan kerja gearbox matic yang banyak diaplikasi mobil-mobil modern seperti Peugeot. Makanya agar performanya meningkat, gearbox matic disarankan untuk di flush secara berkala,” ujar Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, Roni Agung dalam keterangan persnya dilansir Selasa (2/2/2021).

Dia menuturkan perawaratan mobil bertransmisi matik sebaiknya dilakukan tiap interval 40.000 km. Lalu kenapa dilakukan dalam tempo yang cukup lama? Karena proses flush gearbox matic pada mobil Peugeot tidak seperti ganti oli gearbox matic pada umumnya. Pelumas yang sudah terkontaminasi di dalam gearbox benar-benar dikuras. Termasuk gram-gram yang sulit dihilangkan.

Baca Juga: Penting! Perhatikan Ini Agar Mobil Tak Mudah Berkarat saat Diguyur Hujan

“Sebagai gambaran, kalau proses ganti oli gearbox matic cuma dibutuhkan oli 4 liter atau cuma yang ada dipenampungan. Sedangkan flush gearbox matic perlu didukung alat khusus, sehingga volume pelumas yang biasanya sekitar 8 liter terkuras semua. Jadi bener-benar bersih, karena kotoran di dasar dan melekat di komponen ikut terbuang,” kata Roni.

Dia menyebutkan agar proses sempurna pihaknya menggunakan prosedur perawatan standar tinggi. Di mana proses flush matic menggunakan alat bernama Flush Autogearbox.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini