Share

Sion Sono, Mobil Berpanel Surya Pertama di Dunia yang Diproduksi Massal

Riyandy Aristyo, iNews · Selasa 19 Januari 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 52 2346852 sion-sono-mobil-berpanel-surya-pertama-di-dunia-yang-diproduksi-massal-N9YGIXJkny.jpg Sion Sono, mobil tenaga surya (foto: autoevolution)

STUTTGART - Perusahaan mobil baru asal Jerman, Sionmotors, baru saja meluncurkan mobil listrik bernama Sono. Kelebihan mobil listrik ini mampu mengisi daya dari cahaya matahari.

Dilansir dari Autoevolution, Selasa (19/1/2021), mobil yang produksinya dilakukan sejak 2019, seharusnya diluncurkan pada 2020. Lantaran pandemi Covid-19, rencana tersebut akhirnya tertunda.

Baca Juga: Unik, Mobil Masa Depan Cadillac Mirip Pemanggang Roti 

Akhirnya, mobil itu resmi meluncur di pameran virtual CES 2021. Mobil ini dipastikan bisa dipesan konsumen dengan banderol 30.200 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp425 juta. Harga tersebut lebih mahal dari penawaran awal saat masuk jalur produksi.

Meski akan terus dikembangkan, Sion Sono jelas menjadi mobil listrik pertama di dunia bertenaga surya yang diproduksi masal.

Eksterior mobil ini tidak dilapisi cat dan diganti dengan panel surya mulai dari atap, kap mesin, pintu hingga bagian belakang. Lapisan panel surya ini dapat mengkonversi panas matahari menjadi tenaga penggerak sejauh 34 km.

Selain menyerap tenaga matahari, baterai mobil listrik ini juga bisa diisi secara konvensional. Untuk satu kali pengisian daya secara penuh, mampu melaju hingga jarak terjauh 255 km.

Penggerak listriknya mampu menghasilkan tenaga puncak 150 kW, tenaga kontinu 60kW, dan torsi 175 Nm. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 140 km/jam.

Sion dilengkapi dengan aplikasi pendamping yang saat ini masih dalam pengembangan di mana nantinya pemilik mobil tak perlu menggunakan kunci konvensional saat masuk ke mobil serta bisa dikonfigurasikan ke teknologi lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini