Share

Viral! Tambal Ban Tubles Pake Tepung Tapioka, Kok Bisa?

Riyandy Aristyo, iNews · Rabu 30 Desember 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 53 2336222 viral-tambal-ban-tubles-pake-tepung-tapioka-kok-bisa-p8Vy1gKvgx.jpg Viral tukang tambal ban pakai tepung (foto: Instagram/Kisah Semangat)

JAKARTA - Agar ban tubeles tidak mudah bocor biasanya dimasukkan cairan khusus. Namun, tukang tambal ban yang satu ini justru menggantinya dengan tepung tapioka

Aksi pria itu viral di media sosial setelah diunggah akun Instagram Kisah Semangat, Selasa (29/12/2020). Dalam unggahan tersebut, terlihat pria berbaju merah tengah memperbaiki ban motor matik dengan memasukkan tepung tapioka yang biasa ditemukan di pasar.

Pengunggah mempertanyakan, apakah tepung jika dicampur air bisa jadi pengganti cairan anti bocor? Menurut pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun, memasukkan tepung tapioka ke dalam ban tubeles lumrah dilakukan sejak dulu.

 Baca Juga: Unik, Mobil SUV G-Class Ini Dibuat dari Balok Es

"Kalau di kampung-kampung zaman dulu menambal ban memang menggunakan tepung. Fungsinya untuk menutup titik kebocoran yang tidak bisa di deteksi dengan air," katanya saat dihubungi iNews.id.

 viral tambal ban

Anjas menyebutkan, ada beberapa kasus ban tubeles bocor namun tidak ditemukan kebocorannya. Ketika sudah diisi angin kembali, bocor kembali. Untuk menutup lubang kecil tersebut, digunakan tepung tapioka.

"Namun, menggunakan tepung tapioka sifatnya hanya sementara.Sebaiknya tetap menggunakan teknik tambal ban tubeles agar hasilnya maksimal," kata Anjas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini