Share

Nissan Tidak Akan Jual Mobil Listrik di Inggris, Ini Alasannya

Wahyu Budi Santoso, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 15 2331401 nissan-tidak-akan-jual-mobil-listrik-di-inggris-ini-alasannya-mfvERdtz8L.png Nissan LEAF. (Foto ilustrasi Okezone)

LONDON - Nissan Motor Co.mengumumkan akan memfokuskan pengembanga mobil listrik di Eropa-Jepang dan.tidak akan memproduksi mobil listrik di salah satu pabrik terbesarnya di Inggris Raya karena kekhawatiran risiko Brexit.

(Baca juga: Peminat Mobil Listrik Tinggi, Ini yang Disiapka Audi Volkswagen Korea Group)

Juru bicara Nissan Azusa Momose mengatakan kendaraan SUV Ariya bertenaga baterai akan dibuat di fasilitas Nissan di Tochigi, Jepang untuk dikirim ke Eropa dan Amerika Serikat

Dia mengatakan bahwa meskipun produsen mobil sedang mempertimbangkan untuk memproduksi model di Sunderland, Inggris, pabrik di sana tidak akan layak jika Inggris tidak dapat mencapai kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa (UE).

Keputusan itu diambil setelah risiko yang ditimbulkan oleh Brexit menyebabkan industri mobil di Inggris jatuh. Pendaftaran mobil baru turun 27 persen bulan lalu dan hampir sepertiganya tahun ini.

"Jika negosiator dapat mencapai kesepakatan tentang kondisi perdagangan baru sebelum masa transisi Brexit berakhir pada 31 Desember, kendaraan dan komponen akan dikenakan tarif dan itu akan menjadi bencana bagi pabrik,'' tutur Azusa seperti dilansir dari Motor1

(Bbaca juga: Jokowi dan Luhut Telepon Bos Tesla Elon Musk, Ajak Investasi Mobil Listrik)

Menurut Azusa, pabrik Nissan di Sunderland dulu memproduksi lebih dari setengah juta kendaraan per tahun meskipun produksinya turun di bawah 350.000 unit per tahun dan diperkirakan akan lebih rendah pada tahun 2020.

Namun Nissansecara aktif memproduksi kendaraan baru dengan 12 model baru yang dijadwalkan dalam 18 bulan hingga November 2021.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini