Share

Bermodalkan 1 Liter Bensin, Kendaraan Ini Mampu Keliling Hampir Setengah Dunia

Anjasman Situmorang, Okezone · Kamis 17 Desember 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 15 2329558 bermodalkan-1-liter-bensin-kendaraan-ini-mampu-keliling-hampir-setengah-dunia-bhQxhISlS0.jpg Eximus IV, kendaraan hemat bahan bakar. (Foto: additycentral.com)

SEORANG siswa menciptakan sebuah kendaraan mirip gerbong kereta yang telah mencetak rekor efisiensi bahan bakar sejak 2016. Eximus IV dinobatkan sebagai kendaraan paling efisien di dunia dalam kontes tahunan Delsbo Electric. Kendaraan ini diklaim mampu bawa seseorang mengelilingi setengah dunia hanya dengan satu liter bensin.

(Baca juga: Tumpahan Bensin Disambar Api Kompor, 2 Kios Terbakar)

Setiap tahun tim dari seluruh dunia berkompetisi dan menguji kendaraan ultra hemat energi. Kontestan ditugaskan untuk mengemudikan kendaraannya di lintasan rel sepanjang 3,36 kilomter dan mengangkut enam penumpang berbobot 50 kg per orang. Konsumsi energi kendaraan dihitung dalam watt-jam dan kemudian dibagi dengan jumlah penumpang di dalamnya.

Sejak mengikuti kompetisi empat tahun lalu, Eximus IV sudah menjadi legenda dan kembali membuktikannya tahun ini. Eximus IV yang terbuat dari bahan pesawat ultra-ringa mampu mencatatkan konsumsi energi 0,517 watt-jam per orang per kilometer.

(Baca juga: Pria yang Nekat Berenang Balikpapan-Malang Pakai Galon Akhirnya Dibelikan Tiket Pulang)

“Secara teori Eximus IV dapat mengangkut seseorang hampir setengah dunia menggunakan energi hanya satu liter bensin,” kata CTO Delsbo Electric, profesor Henrik Rodjegard, seperti dikutip dari Oddity Central, Kamis (17/12/2020).

Meskipun Eximus IV bukan kendaraan yang diproduksi secara massal, namun inovasi yang diperkenalkan dapat membantu penelitian efisiensi bahan bakar untuk kendaraan komersial.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini