Share

Setir Mobil Ternyata Lebih Jorok dari Pispot Toilet Umum, Kok Bisa?

Widi Agustian, Okezone · Kamis 23 Juli 2020 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 52 2250776 setir-mobil-ternyata-lebih-jorok-dari-pispot-toilet-umum-kok-bisa-9qKZhGSyXZ.jpg (Foto: Autoevolution)

MENGERIKAN. Sebuah studi mengungkap jika setir atau roda kemudi mobil ternyata sembilan kali lebih kotor ketimbang pispot di toilet umum.

Studi yang dilakukan para peneliti dari Queen Mary University, London menemukan bahwa 700 bakteri hidup di setiap inci setir. Jumlah bakteri ini jauh lebih banyak ketimbang yang ada di pispot toliet, yaknu hanya 80 bakteri.

Direktur ilmu biomedis Queen Mary University, Ron Cutler, mengatakan bahwa salah satu bakteri yang paling menyebar ditemukan di interior mobil adalah "bacillus cereus". Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan. Sebagian besar bakteri ini ditemukan dalam pasta, kentang, dan nasi.

“Sementara sebagian besar bakteri memang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi, di beberapa mobil ditemukan bakteri yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies bakteri yang berpotensi berbahaya,” jelas Dr Cutler dilansir dari Auto Evolution, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Sederet Mobil yang Diklaim Buatan Indonesia, dari Timor hingga Esemka

"Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka. Tetapi banyak orang lalai membersihkan mobil mereka dan mereka seperti mengemudi dengan kendaraan dengan kondisi mirip tempat sampah," tambahnya.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa 42% pengemudi makan di dalam mobil mereka secara teratur, dan hanya sepertiga dari mereka membersihkan interior mobil mereka setahun sekali.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bahkan di Inggris, 10% pengemudi mengakui bahwa mereka tidak pernah membersihkan bagian dalam kendaraan mereka.

Para peneliti menunjukkan fakta bahwa ruang paling kotor di dalam mobil adalah bagasi, yang merupakan rumah dari 1.000 bakteri pada setengah inci dari lapisan batang.

Baca juga:  Sepeda Tua Dipasang Motor Mesin Cuci, Kecepatannya Bisa Tembus 110 Km/Jam

"Mobil adalah tempat yang sempurna bagi kuman untuk berkembang biak, terutama jika Anda makan di dalamnya dan meninggalkan sampah atau makanan yang belum dimakan," kata Dr. Cutler.

"Untuk menghindari risiko kesehatan yang potensial, akan bijaksana untuk secara teratur membersihkan mobil Anda, baik luar dan dalamnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini