Share

Sepeda Tua Dipasang Motor Mesin Cuci, Kecepatannya Bisa Tembus 110 Km/Jam

Widi Agustian, Okezone · Rabu 22 Juli 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 53 2250222 sepeda-tua-dipasang-motor-mesin-cuci-kecepatannya-bisa-tembus-110-km-jam-TBHmXv7oix.jpg (Foto: Autoevolution)

PANDEMI virus corona melahirkan perbedaan dalam alur hidup masyarakat. Salah satu imbas yang paling terlihat adalah minat orang untuk bersepeda.

Alhasil, penjualan kendaraan roda dua tersebut mengalami kenaikan, baik yang menggunakan tenaga listrik maupun yang konvensional.

Seorang ahli elektro bernama Jimmiecraftguy di reddit atau RPK R5 di YouTube membuat e-bike sendiri menggunakan motor mesin cuci. Luar biasanya, sepeda ini bisa ngebut karena dapat menembus kecepatan 68 mph atau 110 km per jam.

Dia membuat sendiri sepeda listrik dari sepeda tuanya yang berusia 20 tahun dan beberapa parts mesin cuci. Bahan-bahan ini bisa didapatkan dengan mudah. Demikian dilansir dari Auto Evolution, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Dilelang, Mobil Legendaris Ford Shelby GT350 Laku Rp56 Miliar

Dia memposting foto sepeda kustomnya beberapa minggu yang lalu. Dia juga mengungkapkan alasannya membuat sepeda listrik sendiri.

Dia memiliki sebuah motor dari mesin cuci LG yang tergeletak tidak terpakai. Dan dia tidak ingin itu sia-sia, jadi dia datang dengan ide untuk mengubah sepeda tuanya menjadi bertenaga listrik.

Motor itu sendiri berharga sekitar USD102, dan dia memilikinya tanpa harus membeli. Dia menghubungkan motor dari mesin cuci tersebut ke roda belakang, sehingga motor beroperasi tanpa mengayuh. Semua elektronik dan dudukan dibuat khusus.

Awalnya, motor mesin cuci ini bekerja dengan daya 1.100 volt yang menghasilkan kecepatan 150 km per jam. Karena terlalu cepat dan berisiko, dia menurunkan daya kerja motor tersebut dan beroperasi pada 48-50 volt yang bisa menghasilkan kecepatan 110 km per jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini