Share

5 Langkah Merawat Mobil Selama Pandemi Covid-19

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 09 Juni 2020 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 87 2226827 5-langkah-merawat-mobil-selama-pandemi-covid-19-KurorjKic1.jpg (Foto: KTBS/Rattankun Thongbun)

JAKARTA - Anjuran physical distancing memungkinkan orang saling menjaga jarak satu sama lain di tengah pandemi Covid-19. Sebagian masyarakat mungkin lebih memilih untuk melakukan aktivitas di rumah.

Dengan demikian, kendaraan tetap berada di garasi. Meski begitu, Anda tetap harus merawatnya. Ada beberapa komponen kendaraan, terutama mobil yang harus dicek agar kondisinya tetap prima, dikutip Sindonews.

Ban

Saat memarkir mobil di satu posisi yang sama dalam waktu yang lama, semua tumpuan kendaraan berada di ban. Hal tersebut dapat mengakibatkan bentuk penampang ban menjadi tidak standar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek tekanan udara pada ban.

Selain mengecek tekanan ban, Anda juga perlu memerhatikan kontur ban. Apabila mobil didiamkan lebih dari satu minggu, sebaiknya Anda mengembalikan kontur ban dengan cara menggunakannya selama 10 menit.

Rem

Bagian kedua yang tidak kalah penting adalah rem. Karat pada permukaan rotor rem mobil berpotensi muncul jika lama tidak digunakan.

Terlebih saat Anda membiarkan penggunaan rem parkir terlalu lama. Hal tersebut dapat mengakibatkan kampas rem dan rotor menempel erat. Solusinya, Anda bisa melepas rem parkir saat memarkir mobil di permukaan yang rata. Sama halnya dengan ban, sebaiknya mobil tetap digunakan seminggu sekali agar kondisi rem tetap baik.

Aki

Aki merupakan nyawa dari sebuah mobil. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, aki dapat mengalami pengurangan daya (discharging). Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa melepas koneksi kabel aki agar meminimalisir proses discharging pada aki. Selain itu, cek fisik aki.

Apabila sudah terlalu banyak kandungan acid yang menempel pada konektor, sebaiknya segera dibersihkan karena dapat mengganggu konektivitas aki dengan sistem kelistrikan mobil Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Cairan

Pengendapan cairan pada oli mesin, oli transmisi, serta cairan pendingin bisa saja terjadi jika mobil tidak digunakan. Tak hanya itu, bahan bakar mobil juga bisa menguap jika didiamkan terlalu lama.

Tidak perlu khawatir, cara mengatasinya mudah. Anda cukup memanaskan kendaraan minimal tiga kali seminggu. Pastikan kondisi mesin menyala selama 1-3 menit pada posisi idle.

Hama

Pengecekan mobil tidak hanya dilakukan pada bagian dalamnya saja, tetapi juga bagian luar. Mobil yang tidak digunakan bisa saja disinggahi hama seperti tikus.

Siapkan pembasmi hama dan semprotkan di sekitar mobil untuk mengurangi risiko yang disebabkan oleh hama tersebut. Luangkan waktu untuk mengecek kondisi fisik kendaraan dengan one round vehicle check setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini