Share

Teknologi 5G Akan Sambangi 18 Merek Mobil

Sindonews, Sindonews · Rabu 13 Mei 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 52 2213334 teknologi-5g-akan-sambangi-18-merek-mobil-jI6e26ZyR1.jpg (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Teknologi 5G tampaknya tidak hanya terkait dengan ponsel atau perangkat seluler. Teknologi tersebut juga mendukung industri otomotif.

Dikutip Sindonews, Huawei membangun aliansi dengan 18 produsen mobil untuk membangun ekosfer mobil berteknologi 5G. Aliansi ini bertujuan untuk mempercepat pendayagunaan teknologi 5G secara komersial oleh kalangan industri.

Produsen mobil tersebut adalah First Automobile Group, Chang'an Automobile, Dongfeng Motor Corporation, SAIC Motor Corporation, Guangzhou Automobile Group, BYD Auto, Great Wall Motors, Chery Holdings dan JAC Motors.

"Konvergensi yang mendalam antara otomotif dan TIK menjadikan kendaraan yang terhubung secara cerdas hadir sebagai mesin pengembangan revolusioner terbaru yang tidak saja akan memberikan dampak luar biasa bagi industri otomotif, namun juga berdampak pada kehidupan masyarakat luas," ujar Eric Xu, Rotating Chairman, Huawei.

Dengan keunggulan dalam kecepatan transmisi, keandalan, dan latensi rendah, teknologi 5G memiliki peran penting dalam menyempurnakan kemampuan self-driving dan fasilitas hiburan.

Menurut GlobalData, Asia-Pasifik (APAC) akan menjadi yang terdepan dalam hal adopsi teknologi 5G dengan jumlah pelanggan mencapai 1,14 miliar, terhitung 65% dari langganan 5G global pada 2024, yang akan berpengaruh secara signifikan terhadap berbagai segmen seperti IoT dan otomotif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejak peluncuran MH5000, perangkat keras komunikasi 5G pertama, pada April 2019, Huawei telah menyediakan berbagai produk dan teknologi seperti platform T-Box yang diperuntukkan bagi para mitra ekosistem guna mendukung inovasi aplikasi jaringan 5G + C-V2X yang cerdas dan kendaran berteknologi 5G.

Pada bulan April, Huawei meluncurkan produk modul fast-charging DC terbaru “Huawei HiCharger”. Produk tersebut merupakan solusi untuk infrastruktur pengisian daya NEV. Huawei juga membangun platform-terbuka mengemudi cerdas untuk mempelajari antarmuka aplikasi, sistem pengendalian mobil, kokpit cerdas, dan internet kendaraan.

Secara bertahap, inovasi-inovasi tersebut menjadikan para konsumen mobil untuk mampu memahami manfaat keunggulan teknologi 5G pada kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini