Share

Cegah Corona, Ini Bagian Mobil yang Harus Dibersihkan

INews.id, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 87 2212157 cegah-corona-ini-bagian-mobil-yang-harus-dibersihkan-OlkrjSM0Er.jpg (Foto: KTBS/Rattankun Thongbun)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 masih menjadi perhatian dunia saat ini. Pemilik mobil harus tetap waspada dan memperhatikan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Dikutip inews, virus corona dapat menempel di mana saja termasuk pada mobil. Untuk itu, kebersihan kendaraan terutama bagian gagang pintu, setir, jok dan area yang sering dipegang harus diperhatikan guna menghindari penularan Covid-19.

Pertanyaannya, berapa lama virus ini dapat bertahan di mobil? Kendaraan terdiri atas material baja, plastik, logam, karet, kain atau kulit dan kaca. Berdasarkan studi National Institutes of Health (NIH), Covid-19 dapat bertahan di permukaan baja, plastik, dan logam sekitar 72 jam atau 3 hari.

Sementara menurut studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus SARS-CoV yang ditemukan pada 2003 bisa bertahan di permukaan kaca hingga 96 jam atau setara dengan 4 hari. WHO juga menyebutkan, virus dapat bertahan pada plastik, benda keras, dan baja selama sekitar 72 jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terbaru jurnal The Lancet menemukan virus corona dapat bertahan paling lama hingga tujuh hari pada masker bedah, stainless steel, dan plastik. Dalam penelitian ini Covid-19 dapat bertahan di tisu 3 jam, kayu dan kain 2 hari, kaca dan uang kertas 4 hari, serta stainless steel (logam) dan plastik 7 hari.

Berdasarkan penelitian di atas, disimpulkan Covid-19 dapat dapat bertahan hingga 7 hari dengan asumsi bahan yang terkandung di mobil terdiri atas material logam, kaca, dan plastik.

Untuk itu, jangan malas membersihkan mobil kesayangan Anda. Gunakan diterjen atau shampoo mobil untuk membersihkan eksterior kendaraan. Untuk bagian interior bisa gunakan semprotan disinfektan khusus untuk mobil, sehingga penumpang aman dari penularan virus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini