Share

Waspada Serangan Tikus saat Mobil Lama Tidak Digunakan

INews.id, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 87 2211833 waspada-serangan-tikus-saat-mobil-lama-tidak-digunakan-n9JOGFCcvh.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, Rafi’i Sinurat mengungkapkan hewan pengerat dapat menyerang mobil yang lama didiamkan di rumah. Oleh karena itu, ia mengimbau bagi pemilik mobil untuk selalu mengecek area sekitar mesin mobil, apakah terlihat bekas sarang hewan pengerat seperti tikus. Selain itu, bila mobil diparkir pada ruang terbuka disarankan untuk rajin mencuci.

Seperti diketahui, di tengah pandemi virus corona sekarang ini masyarakat lebih banyak berada di dalam rumah untuk mengurangi rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

"Binatang jenis ini (hewan pengerat) rawan merusak komponen terutama kelistrikan. Untuk itu, sebaiknya Anda menyempatkan diri menjalankan mobil yang sudah dicuci. Test drive sejenak di sekitar rumah atau kompleks," kata Rafi'i, seperti dikutip dari iNews.id.

Manfaat lain dari memanaskan kendaraan, lanjut dia, adalah menormalkan profil tapak ban yang lama diam. Contohnya, jika di awal tapak ban ada di posisi paling bawah, ya harus diputar, sehingga profil semua tapak ban tetap bundar alias tidak peyang,” katanya.

Di samping itu, terang Rafi'i, menjalankan mobil bisa mengecek fungsi rem secara keseluruhan. Baik itu mobil yang didukung sistem ABS atau tidak. Bahkan, fungsi power steering jika ada kendala dapat langsung dirasakan, sehingga berkendara aman dan nyaman.

“Ketika menjalankan mobil, pemilik kendaraan juga bisa memantau fungsi komponen kelistrikan, seperti headlamp, foglamp, lampu senja hingga lampu indikator sein. Tidak lupa juga memantau fungsi wiper, power window juga audio sistem,” katanya.

Kemudian bisa cek fungsi AC (air conditoner). Apakah kualitas dingin di dalam kabin masih normal atau tidak. Begitu juga dengan hembusan anginnya apakah masih normal atau tidak. Jangan sampai sistem rusak akibat gigitan tikus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini