Share

Tips Merawat Mobil saat Work From Home

INews.id, Jurnalis · Kamis 30 April 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 87 2207174 tips-merawat-mobil-saat-work-from-home-UKWaoL5JY8.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebagian karyawan melakukan work from home di tengah pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pemerintah memberlakukan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Mobil yang biasanya dipakai sehari-sehari, kini menjadi lebih jarang digunakan dan terparkir lama di garasi. Kendati demikian, pemilik kendaraan harus tetap merawat mobil agar kondisi tetap prima.

Dikutip inews, berikut tips menjaga mobil tetap prima melalui keterangan tertulis Daihatsu.

 

1. Cek Aki

Merawat Aki dengan memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. Saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

2. Angkat Wiper

Wiper dapat diangkat apabila mobil diparkir di area parkir terbuka. Ketika suhu panas di luar, karet wiper akan lebih cepat rusak ketika terus menempel pada kaca mobil. Namun Sahabat tidak perlu mengangkat wiper apabila mobil diparkir di garasi rumah yang teduh.

3. Parkir di Rumah

Area Parkir di garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi Sahabat yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari dan dijemur langsung, karena dapat membuat cat mobil cepat pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban dapat berkurang apabila kendaraan diparkir dalam waktu lama terlebih di garasi berlantai keramik. Sahabat dapat menambahkan tekanan angin paling tidak ditambah sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya.

Pemilik juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju – mundur sedikit paling tidak seminggu sekali agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

5. Rem Tangan

Transmisi dan rem tangan juga tidak luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun parkir dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

6. Jaga Kebersihan

Kebersihan mobil dapat dijaga dengan mencuci sisi eskterior dan membersihkan interior mobil paling tidak seminggu sekali. Pastikan setiap sudutnya dicuci bersih agar terbebas dari kotoran, terlebih ada virus atau bakteri yang menempel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini