Share

Ini Mobil Listrik yang Lebih Dulu Muncul Sebelum Tesla di AS

Sindonews, Sindonews · Rabu 29 April 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 52 2206747 ini-mobil-listrik-yang-lebih-dulu-muncul-sebelum-tesla-di-as-D6KRFOHFph.jpg (Foto: Ist)

NEW YORK - Mobil listrik ternyata sudah ada sejak 1974. Saat itu, perusahaan bernama Sebring Vanguard berhasil merakit mobil listrik bernama CitiCar di Amerika Serikat (AS).

Umur mobil listrik itu tidak panjang, karena kalah bersaing dengan mobil-mobil gahar seperti Mustang dan Chevrolet, dikutip Sindonews. Sebring Vanguard lebih dahulu muncul sebelum Tesla di Negeri Paman Sam.

CitiCar ditawarkan dalam tiga varian dengan baterai yang bisa dipilih. Varian termurah dibekali baterai 36v dengan tenaga 2,5 hp. Varian kedua membawa baterai 48v yang memiliki tenaga 3,5 hp. Sedangkan di kelas teratas, CitiCar itu mampu melaju dengan tenaga 6 hp.

Tiga tahun setelah kelahirannya, tepatnya pada 1977, CitiCar tutup usia setelah diproduksi sebanyak 4.500 unit. Angka yang sangat kecil jika dibandingkan dengan produksi merek lainnya.

Kendati demikian, CitiCar merupakan mobil listrik dengan jumlah produksi terbanyak di dunia, sebelum akhirnya dikalahkan oleh kemunculan Tesla pada 2010. Hingga saat ini sudah banyak muncul merek lain yang memproduksi kendaraan ramah lingkungan serupa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini