Share

Ini Cara Merawat Ban Motor agar Tetap Awet

INews.id, Jurnalis · Minggu 12 April 2020 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 53 2197830 ini-cara-merawat-ban-motor-agar-tetap-awet-88JUAZ1zJF.jpeg Ilustrasi Ban Motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ditengah physical distancing seperti sekarang ini, mobil atau motor yang Anda punya pasti jarang digunakan. Anda perlu untuk memberikan perawatan ekstra meskipun tidak digunakan. Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun mengatakan banyak masalah yang timbul jika sepeda motor terlalu lama didiamkan di dalam garasi rumah. Salah satunya adalah bagian ban.

Anjas menambahkan, merawat ban itu sangat mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri. Dia menyebut ada lima langkah yang musti dijalani agar ban sepeda motor tetap awet meski tidak digunakan dalam waktu yang lama.

1. Tekanan Ban

Agar karet ban tidak cepat retak dan pecah apalagi ban yang berusia 3-5 tahun, perhatikan tekanan angin pada ban. Jangan terlalu keras, cukup berada di kisarang angka 25 Psi.

2. Isi Pakai Nitrogen

Nitrogen punya banyak manfaat ketimbang angin biasa. Selain punya suhu yang stabil, penggunaan nitrogen bisa membuat bagian dalam ban tidak lembab yang dapat menyebabkan korosi di velg.

3. Standar Tengah

Saat memarkir sepeda motor, usahakan menggunakan standar tengah atau standar dua. Hal ini untuk menjaga tekanan ban seimbang dan tidak berat sebelah jika di standar samping.

4. Perhatikan Alas Ban

Pastikan ban tidak menapak pada permukaan yang berminyak atau genangan bahan bakar. Hal ini untuk mencegah ban cepat menggembung.

5. Gunakan Berkeliling

Jika memungkinkan, gunakan untuk berkeliling sekitar 10-15 menit setelah motor didiamkan kurang lebih tiga hari. Hal ini akan membuat kondisi karet tetap elastis sehingga tidak mudah retak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini