Share

Perhatikan Ini Jika Mobil Didiamkan di Rumah Setiap Hari

INews.id, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 01 52 2192259 perhatikan-ini-jika-mobil-didiamkan-di-rumah-setiap-hari-TSUmvFP5yH.jpg Ilustrasi (Foto: Robb Report)

JAKARTA - Kebijakan physical distancing memungkinkan orang untuk lebih memilih berada di rumah. Tidak bepergian berarti kendaraan tetap diparkir di garasi.

Dikutip inews, pemilik bengkel mobil Rafli Auto Cars Depok, Rafli Ferdian mengatakan, hal paling sering terjadi ketika mobil didiamkan dalam waktu lama atau tidak dipanaskan berisiko masalah pada baterai atau aki.

"Kalau mobil tidak didiamkan berhari-hari, kemudian saat dinyalakan agak susah, tersendat-sendat, ada kemungkinan berisiko kerusakan pada aki," ujar Rafli.

Ia menyebutkan, meski mobil tidak dipakai, usahakan selalu dipanaskan minimal lima menit. "Sebisa mungkin mobil dipanaskan beberapa waktu, jangan sampai tidak, cukup lima menit," katanya.

Tak hanya aki, mobil yang didiamkan terlalu lama juga bisa membuat tekanan angin ban berkurang. "Mobil yang lama diam di garasi, angin pada ban pasti berkurang. Ini yang sering terlupa pada pemilik mobil," ujar Rafli.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, komponen terparah pada mobil jika dibiarkan lama di garasi adalah terjadi korosi di tangki bahan bakar. Dampaknya bisa fatal seperti penyumbatan saluran bahan bakar dan kebocoran yang berpotensi kebakaran.

"Sebelum didiamkan lama seperti saat ini, lebih baik mobil dalam keadaan full (tangki) bensinnya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan seperti dampak korosi. Jika sudah terjadi korosi, risikonya besar, bensin bisa bocor dan menimbulkan kebakaran," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini