Share

Ini Bahayanya Akses Layar Sentuh di Mobil saat Berkendara

INews.id, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 52 2188277 ini-bahayanya-akses-layar-sentuh-di-mobil-saat-berkendara-LBlkcSt8uo.jpg (Foto: Stereoauthority)

JAKARTA - Fitur hiburan seperti head unit layar sentuh bisa dipasang di dalam kendaraan, memungkinkan interaksi pengendara dengan perangkat. Meskipun hal ini mendukung faktor kenyamanan, tetapi ternyata memiliki bahaya.

Dikutip inews, Pakar safery driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, pengemudi lebih peduli dengan Apple CarPlay dan Android Auto daripada minum alkohol.

"Ada penelitian yang menyebut kecelakaan mobil sering terjadi karena pengemudi tengah asyik mengutak-atik layar sentuh saat berkendara ketimbang pengemudi yang mabuk," kata Jusri saat dihubungi iNews.id.

Jusri menambahkan, banyak pengemudi yang mengalihkan pandangan ke layar sentuh rata-rata 16 detik. Bahkan, pengemudi bisa mengakses layar sentuh tersebut saat mobil sudah menempuh jarak 500 meter dengan kecepatan 112 km/jam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Banyak pengemudi yang mengakses layar sentuh meski berkendara mobil dengan kecepatan tinggi. Ini sangat berbahaya karena fokus pengemudi pasti terganggu," katanya.

Tak hanya itu, menurut Jusri, mengakses layar sentuh saat mengemudi memiliki waktu respons yang buruk sekitar 53-57 persen lebih lambat daripada dalam keadaan siaga. Lebih besar ketimbang mabuk-mabukan, yakni sebesar 12 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini