Share

Pemilik Motor Wajib Mengganti Oli Secara Rutin, Ini Patokannya

Medikantyo, Okezone · Sabtu 29 Februari 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 87 2176054 pemilik-motor-wajib-mengganti-oli-secara-rutin-ini-patokannya-GYxxOQVpRM.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Mengganti pelumas mesin secara rutin menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan pengguna motor untuk merawat kendaraannya. Mengganti oli mesin motor dalam waktu yang tepat, bisa melindungi komponen mesin dari gesekan berlebihan sehingga usia pakainya lebih awet.

Pemilik sepeda motor bisa menentukan saat penggantian oli tersebut, menggunakan jarak tempuh yakni setiap 1.000 sampai 1.500 Km. Jika disederhanakan lagi, pengguna motor sebaiknya melakukan penggantian oli satu kali dalam kurun waktu satu bulan.

Khusus untuk pengguna motor matik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli gardan atau transmisi. Penggantian oli gardan dilakukan dengan penghitungan tiga banding satu dengan pelumas mesin. Maksudnya, setelah tiga kali pergantian oli mesin maka sudah seharusnya oli gardan diganti.

Jarak tempuh pemakaian sepeda motor juga mempengaruhi durasi penggantian pelumas sepeda motor. Menurut teknisi sekaligus pemilik bengkel motor di kawasan Jakarta Selatan, Ganda, kondisi ini sering ditemui pada kendaraan pengemudi ojek online.

"Kalau mereka bisa dua minggu sekali ganti oli motor, datang ke sini sudah hampir habis olinya," katanya kepada Okezone.

Walaupun masih terasa nyaman digunakan, Ganda menyebut penggantian oli mesin secara rutin bisa dilakukan agar tidak muncul tanda-tanda kerusakan. Pengemudi juga bisa melakukan pemeriksaan singkat oli motornya sebelum berangkat beraktivitas maupun saat memiliki waktu di akhir pekan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini