Share

Mobil Otonom General Motors Mulai Angkut Penumpang

Medikantyo, Okezone · Jum'at 28 Februari 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 52 2175495 mobil-otonom-general-motors-mulai-angkut-penumpang-W31dqhXPMc.jpg Mobil otonom Cruise di Amerika Serikat (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Unit pengembangan layanan mobil otonom produsen General Motors, Cruise Autoation, menapaki fase baru. Hal itu terlihat dari keluarnya izin resmi mengangkut penumpang di wilayah negara bagian California, Amerika Serikat pada pekan ini.

Izin diberikan kepada Cruise untuk melakukan pengujian kendaraan otonom buatannya dengan mengangkut penumpang di jalan raya. Seperti dilansir dari laman Autonews, izin untuk melakukan uji kendara dengan mengangkut penumpang itu berlaku untuk semua unit Cruise.

Otoritas pemerintah setempat memberi syarat khusus, yakni pengujian harus berlangsung dengan keberadaan pengemudi atau pengawas keselamatan. Selain itu, walaupun berfokus pada layanan transportasi, Cruise dilarang mengambil atau memberi ongkos kepada penumpang selama pengujian berlangsung.

Cruise sudah berdiri sejak 2013, dengan kantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat. Berdasarkan data yang dirilis pada 2017, Cruise memiliki armada sekitar 180 unit mobil yang sebagian besar merupakan mobil listrik buatan General Motors yakni Chevrolet Bolt.

San Francisco juga akan menjadi kota pertama yang menjadi lokasi layanan mobil otonom berpenumpang dari Cruise. Dalam negara bagian California sendiri terdapat lima perusahaan selain Cruise, yang mengantongi izin uji coba layanan transportasi berbasis mobil otonom dengan melibatkan penumpang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini