Share

Citroen Wujudkan Konsep Mobil Listrik Kecil, Ini Harganya

Medikantyo, Okezone · Jum'at 28 Februari 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 52 2175453 citroen-wujudkan-konsep-mobil-listrik-kecil-ini-harganya-vOpab1oPnV.jpg Mobil listrik Citroen Ami (Foto: Okezone.com/Istimewa)

PARIS - Citroen mewujudkan konsep mobil listrik berbasis baterai Ami One menjadi unit produksi massal. Kendaraan listrik penuh berkapasitas dua penumpang tersebut akan diperkenalkan secara luas kepada konsumen di kawasan Eropa, kecuali Inggris, pada pertengahan tahun ini.

Mengacu regulasi kendaraan di Prancis, Citroen Ami dapat dimasukkan ke dalam kategori quadricycle. Sehingga bisa dikemudikan oleh penumpang berusia 16 tahun ke atas, tanpa harus memiliki surat izin mengemudi. Aturan tersebut berlaku juga untuk sejumlah kawasan di Eropa seperti dilansir dari laman Autocar.

Kendaraan listrik berbasis baterai ini berukuran panjang 2,41 meter, lebih pendek 0.3 meter dari model pesaing buatan Renault, Twizzy. Hal unik lain dari kendaraan listrik Citroen Ami, adalah kedua pintu terbuka dengan arah yang tidak seragam. Pintu sebelah kiri menggunakan engsel di belakang, sementara sisi satunya memakai engsel depan.

Baterai kendaraan listrik ini terletak di bagian bawah lantai kabin, dengan bahan lithium-ion. Memiliki kapasitas sebesar 5,5 kWh, baterai tersebut bisa memberi tenaga kepada motor penggerak tunggal, untuk menempuh jarak jelajah optimal 75 Km saat terisi penuh.

Laju maksimal dari kendaraan listrik berbasis baterai penuh itu mencapai 41 Kpj, yang dianggap sesuai untuk perjalanan jarak pendek di kawasan perkotaan. Kendaraan listrik ini ditujukan untuk menarik pengguna kendaraan listrik dari berbagai kalangan. Citroen diperkirakan akan menjual unit kendaraan listrik ini sebesar 6.000 Euro atau sekitar Rp95 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini