Share

Soal Mobil Otonom untuk Ibu Kota Baru, Ini Penjelasan BPPT

Medikantyo, Okezone · Kamis 27 Februari 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 52 2174947 soal-mobil-otonom-untuk-ibu-kota-baru-ini-penjelasan-bppt-IK9HH0foG8.jpg Ilustrasi mobil otonom (Foto: ist)

JAKARTA - Niat Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan penggunaan kendaraan otonom di Ibu Kota baru, mendapat dukungan penuh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kepala BPPT, Hammam Riza menyebut lembaganya sudah menyiapkan konsep ekosistem penunjang untuk mewujudkan operasional kendaraan otonom tersebut.

Keperluan mendasar dari Driverless Ecosystem yang sedang dikaji terap perekayasa BPPT itu adalah infrastruktur mumpuni. Serangkaian sarana penunjang terdiri dari bidang transportasi hingga telekomunikasi.

"Artificial Intelligence (AI) dan jaringan 5G sangat dibutuhkan kendaraan otonom ini," kata Hammam dalam keterangan resmi yang diterima Okezone.

Langkah perwujudan dari bentuk konsep menuju pelaksanaan nyata, bisa diujikan dengan membangun pilot project dalam kurun lima tahun ke depan. Fasilitas tersebut memungkinkan adanya alih teknologi hingga difusi untuk membuktikan konsep ekosistem kendaraan otonom berjalan optimal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pembangunan transportasi publik berbasis kendaraan otonom sendiri membutuhkan pilot project ini, untuk membutuhkan model yang tepat. "Kami siap melakukan kajian menentukan model yang tepat dengan modal pengalaman pengujian moda lain seperti transportasi publik seperti MRT dan LRT Jabodebek," kata Hammam melanjutkan.

Menyediakan kawasan khusus untuk uji coba kendaraan otonom, menurut Hammam, bisa menjadi awal melakukan penelitian lebih lanjut. Kesiapan infrastruktur pendukung juga bisa dikembangkan melalui fasilitas laboratorium teknologi yang dimiliki oleh BPPT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini