Share

Simak Fungsi Fitur Hill Assist pada Mobil saat Lakukan Perjalanan Libur Akhir Pekan

Mufrod, Okezone · Sabtu 18 Januari 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 18 52 2154682 simak-fungsi-fitur-hill-assist-pada-mobil-saat-lakukan-perjalanan-libur-akhir-pekan-KJgJjR2TwD.jpg Teknologi hill assist (foto: Ist)

JAKARTA - Fitur teknologi hill assist yang banyak tersemat di mobil saat ini merupakan pengembangan teknologi yang membuat pengendara makin nyaman saat mengemudi di kondisi jalan menanjak.

Secara fungsi teknologi hill assist sendiri seperti diungkap Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengungkap bahwa fitur Hill Start Assist merupakan sistem pengereman sementara untuk mengunci roda saat pengemudi melakukan perpindahan dari rem ke pedal gas.

 Hill assist

Sehingga pada kondisi menanjak, saat perpindahan kaki dari rem ke pedal gas mobil tidak akan mundur dan membuat nyaman pengemudi. "Hill Start Assist sendiri merupakan fitur rem sementara agar mobil tidak mundur saat kaki pengemudi pindah dari rem ke gas saat akan berjalan di tanjakan," katanya.

Teknologi pada fitur hill start assist sendiri bekerja menggunakan sensor dimana saat mobil berhenti di tanjakan, sensor ini akan membaca gerak roda yang berhenti dan akan menahan roda menggunakan rem dalam beberapa detik. Sehingga saat pengemudi memindahkan kakinya dari rem ke pedal gas mobil masih dalam keadaan terkunci oleh rem.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sistem inilah yang kemudian membuat pengemudi semakin nyaman saat tengah berhenti di tanjakan dan mudah mengoperasikan mobil saat melakukan akselerasi berjalan di tanjakan dari posisi diam.

Hill assist

Fitur hill assist sendiri menjadi teknologi keamanan pada mobil, dimana mobil tidak akan mengalami kecelakaan di jalan menanjak akibat mobil mundur saat pengemudi melakukan perpindahan kaki dari rem ke pedal gas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini