Share

Mercedes Benz Ungkap Mobil Dinas Jokowi Bukan Model Dijual Bebas

Medikantyo, Okezone · Jum'at 17 Januari 2020 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 52 2154430 mercedes-benz-ungkap-mobil-dinas-jokowi-bukan-model-dijual-bebas-kAjJP6uC1g.jpg Mercedes Benz S600 Guard mobil dinas Jokowi (foto: Ist)

JAKARTA - Model kendaraan sedan Mercedes Benz S600 Guard, resmi diumumkan sebagai mobil dinas presiden Jokowi pada Agustus 2019 lalu. Tipe tersebut, dipastikan tidak akan diedarkan secara luas oleh PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI), untuk khalayak umum.

MBDI memiliki alasan untuk tidak memasarkan model sedan empat pintu tersebut kepada konsumen Indonesia. Walaupun, terdapat konsumen potensial yang memiliki dana untuk menebus banderol kendaraan yang didatangkan secara impor utuh (CBU) dari Jerman tersebut.

 Mobil jokowi

Pihak prinsipal Mercedes Benz sendiri, sudah mengeluarkan kebijakan terkait penjualan model Mercedes Benz S600 Guard itu. "Sepemahaman saya model ini harus melalui jalur pemesanan khusus, sehingga individu biasa belum tentu mendapat izin untuk memesan," kata Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication MBDI.

 Mobil kepresidenan Jokowi

Pembatasan pemesanan Mercedes Benz S600 Guard melalui jalur khusus ini, juga bertujuan mencegah kendaraan ini disalahgunakan. Pasalnya, kendaraan ini memiliki spesifikasi khusus perlindungan kelas VVIP seperti tahan serangan peluru dan ledakan granat tangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mercedes Benz juga tidak tegiur dengan potensi peredaran kendaraan ini secara luas, walaupun ada banyak calon konsumen potensial. "Kalaupun bisa membeli, syaratnya sangat ketat contoh yang bisa dilihat adalah pemakaiannya dikhususkan figur sekelas pemimpin negara," ujar Hari.

 Mercedes Benz S600

Unit mobil dinas baru Presiden Jokowi, diketahui sudah dikirimkan ke Sekretariat Negara (Setneg) pada akhir Desember 2019 lalu. "Pengiriman ini dilakukan sesuai jadwal dari MBDI, kendaraannya diproduksi pada 2019," kata Kariyanto Hardjosoemarto,

Presiden Jokowi belum dapat menggunakan kendaraan ini, karena menanti pengurusan dokumen teknis dan pemeriksaan oleh Pasukan Pengamanan Presiden. Unit mobil Mercedes Benz S600 Guard anyar ini menggantikan mobil lama yakni tipe Mercedes Benz S600 keluaran 2008.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini