Share

Nissan Sebut Performa SUV Listriknya Bisa Kalahkan Sports Car

Medikantyo, Okezone · Kamis 16 Januari 2020 23:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 52 2154015 nissan-sebut-performa-suv-listriknya-bisa-kalahkan-sports-car-Oqb5AFhLMx.jpg Model kendaraan listrik Nissan Ariya (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Penggunaan rangkaian penggerak pada mobil listrik, membawa tingkatan berbeda dalam hal performa kendaraan. Hal itu terlihat dari angka kekuatan yang mampu dikeluarkan motor penggerak listrik, dibandingkan catatan letupan daya milik mobil bermesin konvensional.

Anggapan tersebut ditegaskan kembali oleh Wakil Presiden Desain Global Nissan, Alfonso Albaisa kepada laman Green Car Reports. Albaisa menyebut peralihan rangkaian penggerak motor listrik saat ini, mengubah pandangan dunia mengenai performa model kendaraan elektrifikasi.

 Nissan Ariya

Meskipun untuk melebihi performa kendaraan bermesin konvensional, produsen perlu memahami potensi rangkaian penggerak elektrifikasi ini. "Sehingga terdapat ide bagaimana anda dapat mengeluarkan, menyalurkan, serta mengoptimalkan tenaga motor listrik itu," ujar Albaisa menjelaskan.

Racikan maksimal performa motor listrik, disebut Albaisa, sukses diterapkan Nissan dalam rencana mobil listrik bernama Nissan Ariya, sebuah konsep yang diluncurkan pada Tokyo Motor Show 2019 lalu. "Saat sudah selesai dibangun, kemampuannya bisa secepat atau bahkan melebihi mobil tipe Z (lini sportcar buatan Nissan)," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salah satu bekal yang mungkin menjadi modal racikan tersebut, adalah rangkaian sistem penggerak baru empat roda Nissan. Teknologi bernama e-4orce, yang dikhususkan bagi model mobil listrik itu, diperkenalkan Nissan pada ajang CES 2020 lalu. Nissan juga mengadakan sesi uji kendara dengan mobil listrik Leaf.

Sistem penggerak e-4orce terdiri dari pemasangan motor listrik ganda, yang masing-masing menggerakkan poros depan maupun belakang. Teknologi pengolahan daya hasil regeneratif saat pengereman mobil, juga membantu tingkat efisiensi penggunaan daya juga meningkatkan kenyamanan berkendara mobil listrik Nissan.

 Nissan

Albaisa sendiri tidak menyebutkan secara mendetail seberapa besar kekuatan motor yang diharapkan dari Nissan Ariya. Kendaraan listrik berjenis SUV tersebut, ditargetkan untuk dapat diproduksi pada paruh kedua 2021 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini