Share

Penyebab Rem Mobil Berdecit saat Berkendara di Tengah Hujan

Medikantyo, Okezone · Rabu 15 Januari 2020 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 87 2153348 penyebab-rem-mobil-berdecit-saat-berkendara-di-tengah-hujan-6HsdchRU6O.jpg Iluistrasi komponen rem mobil (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Munculnya suara berdecit dari bagian rem mobil, bisa dialami pengendara mobil ketika melaju dalam cuaca hujan. Terutama setelah mobil tersebut, dilajukan melintasi genangan air yang terjadi di beberapa kawasan akibat hujan deras.

Bunyi seperti berdecit yang keluar dari komponen rem mobil ini, rupanya wajar terjadi dalam kondisi hujan. Mengingat perangkat rem menjadi basah terkena air, apalagi seusai melintasi genangan yang tingginya sejajar dengan ban.

 Rem mobil

Fenomena tersebut tidak selalu menjadi pertanda adanya masalah atau penurunan performa perangkat rem. Menurut Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, bunyi tersebut seharusnya hilang ketika perangkat pengereman berangsur mengering.

Pemilik kendaraan baru patut merasa waspada, jika bunyi berdecit tersebut berlangsung secara terus-menerus. "Sebaiknya disegerakan untuk melakukan pemeriksaan, karena artinya ada yang abnormal dari segi perangkat remnya," kata Anjar kepada Okezone melalui pesan singkat pada Rabu (15/1/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keluarnya bunyi berdecit, apalagi saat kendaraan melaju di tengah cuaca hujan, lebih sering disebabkan gesekan antara kanvas dan cakram rem saat basah. "Namun setelah normal atau kering biasa lagi," ucap Anjar menambahkan.

Penggantian perangkat pengereman bisa menjadi solusi apabila ditemukan kelainan selama pemeriksaan dilakukan, dengan gejala bunyi decit sukar hilang. "Paling yang diganti salah satu antara kanvas/pad atau discnya aja," kata Anjar.

 Berkendara saat hujan

Pengendara juga wajib memperhatikan kondisi saat berkendara melintasi genangan. Untuk mengecek sekaligus menjaga kondisi rem, pengemudi sebaiknya melaju secara perlahan sembari menginjak pedal rem beberapa kali secara berurutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini